Peristiwa Daerah

Percepat Pelayanan, Dirut BPJAMSOSTEK Tinjau Kantor Cabang Malang

Senin, 29 Juni 2020 - 22:11 | 34.65k
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto mendengarkan penjelasan Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Malang Cahyaning Indriasari saat mengecek pelayanan publik pada Senin, (29/6/2020). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto mendengarkan penjelasan Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Malang Cahyaning Indriasari saat mengecek pelayanan publik pada Senin, (29/6/2020). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGDirut BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto meninjau langsung proses pelayanan di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Malang, Jalan Bondowoso, Kota Malang, Senin (29/6/2020).

Disambut langsung oleh Kepala Kantor Cabang Malang, Cahyaning Indriasari, Agus didampingi oleh Direktur Pelayanan, Krishna Syarief, dan Direktur Renstra dan IT, Sumarjono.

Pihaknya mengecek seluruh pelayanan yang ada di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Malang. Terutama terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan pelayanan tanpa kontak fisik atau Lapak Asik yang kini ditetapkan di seluruh Kantor Cabang di Indonesia.

BPJAMSOSTEK-Agus-Susantoc731c4f246278c9d.jpg

"Sekilas dari pengamatan kami, Cabang Malang siap untuk menerima lonjakan klaim yang akan datang. Kami datang kesini untuk memastikan bahwa protokol kesehatan dijalankan dengan benar dan disiplin. Juga kami ingin memastikan seluruh operasional dan layanan di new normal ini berjalan sebagaimana mestinya," tutur Agus.

Pria berkacamata itu menambahkan, di era baru tentu model pelayanan publik harus mengikuti perkembangan yang ada. Sebelum Covid-19, pelayanan bisa dilakukan dengan kontak fisik. Namun saat ini, new normal membawa model pelayanan baru.

"Sebab itu, kita persiapkan percepatan pelayanan klaim. Ada tiga model kanal layanan. Pertama kanal online, offline dan kolektif," bebernya.

Pihaknya mengenalkan wajah baru pelayanan yang mengedepankan layanan tanpa kontak fisik. Layanan online ini memanfaatkan digital yang dilayani mulai pendaftaran, upload dokumen, verifikasi data hingga pembayaran semuanya dilakukan online.

"Kelebihannya selain praktis, peserta juga bisa mengecek status pengajuan sudah ada di tahap mana," imbuhnya.

Kedua, lanjutnya, peserta bisa memilih pelayanan di kantor cabang masing-masing. Mereka akan dilayani dengan menerapkan physical distancing melalui media layar monitor. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti menjaga jarak antara petugas dan peserta.

"Untuk mempercepat proses pelayanan, kita kenalkan layanan one to many. Artinya, satu Customer Service bisa melayani 4-6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan," tandasnya.

Dengan cara seperti itu, pihaknya optimistis pelayanan klaim bisa dipercepat meskipun harus dengan protokol Covid-19.

BPJAMSOSTEK-Cabang-Malang-4.jpg

Ketiga, masih kata Agus, peserta bisa menggunakan pelayanan tanpa kontak fisik dengan cara kolektif. Perusahaan yang terpaksa melakukan PHK masal bisa mengajukan proses pelayanan dengan cara kolektif yang diwakili oleh orang yang ditujuk oleh perusahaan.

Meskipun demikian, Agus tetap menyarankan peserta menggunakan layanan online. Selain praktis dan lebih mudah, layanan ini bisa dilakukan dari rumah masing-masing, tanpa harus datang ke kantor cabang.

"Kalau memang mengalami kesulitan akses atau lainnya, silakan bisa datang ke kantor kami. Kami secara maksimal akan memberikan pelayanan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Malang, Cahyaning Indriasari mempertegas komitmennya untuk terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Dengan seluruh kekuatan yang kami miliki, komitmen kami semuanya bermuara kepada kepentingan dan kenyamanan peserta," jelas Cahyaning.

Ia berterimakasih kepada Dirut BPJAMSOSTEK dan direksi pusat lainnya yang secara langsung mengecek kesiapan BPJAMSOSTEK Cabang Malang dalam memberikan model pelayanan di era baru ini. Diketahui bersama, protokol Covid-19 di lingkungan Kantor Cabang Malang ini diterapkan secara ketat kepada semua pengunjung yang datang. Mulai cek suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hand sanitizer, dan penerapan physical distancing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES