Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Pemkab Bondowoso Segera Buka Destinasi Wisata Era New Normal

Senin, 29 Juni 2020 - 19:55 | 20.02k
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso berencana segera membuka destinasi wisata. Rencana ini setelah ditetapkannya new normal atau adaptasi kebiasaan baru (ABK), di tengah pandemi Covid-19.

Berbagai persiapan pun dilakukan. Salah satunya menganggarkan sekitar Rp 600 juta untuk menghadapi tatanan baru di sektor pariwisata. 

Bahkan, pemerintah daerah juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Bakorwil untuk perumusan pembukaan Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai upaya dalam menghidupkan kembali sektor ekonomi. 

Utamanya dalam membantu ratusan pengangguran baru, akibat dampak pandemi Covid-19. Karena, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor penyumbang pengangguran terbanyak akibat pandemi ini.

"Karena sektor pariwisata yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 ini," imbuhnya. 

Namun demikian, dalam membuka kembali pariwisata, wajib tetap menjalankan protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Menurutnya, pemulihan ekonomi dengan membuka sektor pariwisata akan menggunakan skala prioritas. Sehingga mampu mengurangi angka pengangguran.

Dijelaskannya juga, bahwa diperlukan sinergitas kuat pemulihan kesehatan dengan ekonomi masyarakat sebagaimana intruksi Presiden RI. 

"Instruksi Pak Presiden kita harus beriringan antara pemulihan kesehatan dan juga pemulihan ekonomi. Termasuk juga masalah pengangguran dan lain sebagainya," jelasnya.

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja mencatat angka pengangguran di Kabupaten Bondowoso mencapai 17.959. Padahal, tahun 2019 angka pengangguran di kota tape sebanyak 13.797 orang. 500 orang diantaranya, merupakan pengangguran baru karena pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES