Pendidikan

Mahasiswa PTS Tuntut Keringanan SPP, Kepala LLDIKTI Jatim: Saya Dukung

Senin, 29 Juni 2020 - 19:50 | 67.21k
Puluhan mahasiswa berdiri membentangkan poster di depan kantor LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur. (Foto: Inntan Wulandari/ TIMES Indonesia)
Puluhan mahasiswa berdiri membentangkan poster di depan kantor LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur. (Foto: Inntan Wulandari/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Puluhan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekusi Mahasiswa (BEM) di Jawa Timur menggelar aksi. Mereka membentang poster tuntutan di depan kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, Senin (29/6/2020). 

Terdiri dari 20 BEM di Jawa Timur, aksi tersebut dimaksudkan untuk menuntut penurunan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk PTS. Aksi ini dilakukan usai adanya aturan Kementerian Pendidikan dan Budaya RI (Kemendikbud) No 25 yang hanya berisi keringanan Uang Kuliah Tungga (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Kami PTS tidak mau dianak tirikan, harusnya disamaratakan antara PTN dan PTS. Terlebih mahasiswa PTS mayoritas pekerja mencukupi kebutuhan keluarga ditambah lagi bayar kuliah ini," ungkap Muhammad Gamal salah satu perwakilan dari BEM Surabaya.

Demo-di-kantor-LLDIKTI-a.jpg

Selain itu, dengan adanya pandemi Covid-19 ini membuat mahasiswa dituntut untuk belajar melalui daring sehingga tidak bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Kampus.

"Kuliah daring yang tentunya tidak lagi memanfaatkan fasilitas kampus harusnya dikurangi SPPnya. Kalau tidak kurangi ya biarkan kami masuk saja, kuliah daring juga kadang kurang maksimal karena kadang ada dosen yang dihubungi balasnya tiga hari kemudian. Nah itu menurut saya pendidikan tidak merdeka," lanjut Gamal.

Dalam hal ini, Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jatim, Prof. Dr. Ir. Suprapto mendukung dengan aksi mahasiswa PTS di Jawa Timur.

"Saya mendukung kalian karena memang ini hak kalian. Tetapi kami tidak pernah sama sekali menganaktirikan PTS. Saya juga menuntut pada Menteri. Jangan dikatakan saya tidak punya tujuan yang sama dengan kalian," tutur Suprapto saat merespon aksi mahasiswa di depan Kantor LLDIKTI, Senin (29/6/2020).

Demo-di-kantor-LLDIKTI-b.jpg

Lanjutnya, Suprapto mendukung dan menandatangani tuntutan mahasiswa untuk diajukan kepada Kemendikbud RI.

"Yang jelas bahwa tuntutan mahasiswa (dari PTS) di Jawa Timur ini oke banget, saya dukung. Tetapi mohon jangan main menyalahkan saja. Kalau mau minta bantu ke LLDIKTI bilang yang baik akan kami bantu," terang Suprapto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES