Pendidikan

Apresiasi Program Tahfidz Siswa SDN 004 Bontang Barat, Ini Janji Disdikbud Bontang

Senin, 29 Juni 2020 - 18:27 | 38.81k
Kabid Pendidikan dasar Disdikbud Bontang, Saparudin saat bersama siswa terbaik tahfidz juz 30 SD 004 Bontang barat (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Kabid Pendidikan dasar Disdikbud Bontang, Saparudin saat bersama siswa terbaik tahfidz juz 30 SD 004 Bontang barat (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Untuk memberikan motivasi kepada anak anak yang berhasil menyelesaikan program hafalan Al-Quran (tahfidz) siswa SDN 004 Bontang Barat, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Budaya atau Disdikbud Bontang, Saparudin memberi jaminan lolos mendaftar di SMP Favorit. Syaratnya siswa mampu menghafal 5 juz.

Hal itu dikatakan Saparudin saat menyampaikan sambutan dalam gelaran pemberian apresiasi kepada 25 orang Tahfidz Juz 30 siswa SDn 004 Bontang Barat di mushala sekolah, Senin (29/6/2020).

Atas nama pemerintah Kota Bontang, ia sangat memahami bahwa prestasi siswa patut dihargai dan perlu mendapat apresiasi. Apa yang dilakukan SDN 004 Bontang Barat ini merupakan cara memberikan dorongan semangat kepada siswa dan orang tua, terlebih di tengah pandemi saat ini.

SDN-004-Bontang.jpg

"Orang berpretasi itu harus dihargai, terlebih lagi jika ia seorang hafidz. Kalau ada yang hafal 5 juz, saya kasih jalur khusus untuk masuk SMP," ungkap Saparudin disambut tepuk tangan orang tua siswa tahfidz yang juga hadir.

Selain itu, ia mengharapkan kepada siswa dan orang tua agar bisa terus berpartisipasi dan konsisten memberikan bimbingan kepada siswa terutama selama sekolah tidak bisa bertatap muka dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19) sekarang.

"Anak anak kita ini bisa dipupuk menjadi qori dan qoriah mewakili Bontang nantinya, Selamat kepada anakku sekalian. Belajar terus karena tidak ada ilmu yang sia-sia," harapnya.

SDN-004-Bontang-a.jpg

Sementara Kepala SDN 004 Bontang Barat, Suhartini menjelaskan bahwa kegiatan tahfidz melalui virtual ini tanpa diprogram sejak awal. Dirinya mengakui jika selama pandemi ini, program tersebut baru diinisiasi.

Selama pandemi semua siswa dari kelas 1 hingga 6 ditugaskan untuk menghafal Al-Quran dan melakukan ibadah shalat rutin, tarawih hingga berpuasa ramadhan serta tadarus Al-Quran. "Justru dengan covid ini semangatnya luar biasa. Ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahun walaupun masih juz 30," jelasnya.

Dengan capaian ini, tak lupa dirinya berterima kasih kepada guru dan orang tua dalam kepedulian dan kesabaran menjaga kesinambungan belajar selama dirumah. 

"Kepada orang tua murid terima kasih atas kerjasamanya tanpa orang tua yang membimbing  maka program ini tidak terjadi. Semoga kita ke depannya bisa terus bersinergi," harapnya.

SDN-004-Bontang-b.jpg

Hadir dalam kegiatan bertajuk Tahfidz Al quran dan apresiasi prestasi di masa pandemi siswa SDN 004 Bontang Barat tahun pembelajaran 2019-2020 tersebut, Lurah Telihan, Hamdani; Ketua Komite SDN 004 Bontang Barat Sri sulandari dan pengawas sekolah Purwantini.

Kegiatan apresiasi bagi siswa Tahfidz juz 30 di SDN 004 Bontang Barat yang menerapkan protokol kesehatan itu di kuti oleh 15 orang siswa kategori Tahfidz dan 10 orang siswa kategori ibadah rutin di bulan Ramadhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Rochmat Shobirin
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES