Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

14 Sampel Swab Diterima, Ada Tiga Kasus Baru Positif Covid-19 di Sumba Timur

Sabtu, 20 Juni 2020 - 21:35 | 57.04k
Kepala Dinas Kesehatan Kabuapten Sumba Timur NTT, dr. Chrisnawan Tri Haryantana. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan Kabuapten Sumba Timur NTT, dr. Chrisnawan Tri Haryantana. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur NTT menyatakan ada tambahan 3 kasus positif Covid-19 di Sumba Timur. Hasil tersebutbberasal dari uji 14 sampel Swab dari kasus ODP dan OTG. 

“Tanggal 18 Mei 2020 lalu Tim Gugus tugas percepatan penanganan Kabupaten Sumba Timur telah mengirim sampel Swab sebanyak 14 sampel dari kasus positif ODP dan OTG yang hasilnya 3 positif dan 11 negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur NTT dr. Chrisnawan Tri Haryantana, Sabtu (20/6/2020).

Chrisnawan yang juga tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumba Timur menjelaskan, dari 14 sampel Swab yang diterima ada 3 kasus positif yakni, 1 kasus positif 008 dan 2 kasus baru yaitu kasus positif 009 dari kluster Solo, dan kasus positif 010 kontak kluster STT Sangkakala atau generasi pertama.

“Dua kasus positif baru 009 ini beralamat di Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu dan 010 asal Kelurahan Malumbi, Kecamatan Kambera,” ungkapnya.

Chrisnawan menyampaikan, hal ini perlu diluruskan bahwa Kabupaten Sumba Timur belum disebut daerah transmisi lokal karna kasus yang ada masih merupakan kasus impor dan penularan generasi pertama dari kluster yang ada.

“Jadi secara Surveilans epidemiologi suatu daerah disebut telah terjadi transmisi lokal bila dari kluster yang ada telah terjadi penularan dua generasi,” paparnya.

Chrisnawan menambahkan, dengan adanya dua kasus baru Covid-19 di Sumba Timur ini maka perlu tracing kontak oleh tim Puskesmas dan Dinas Kesehatan dan akan mulai screening besok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES