Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Masa Sulit Pendidikan PAUD di Tengah Pandemi

Minggu, 14 Juni 2020 - 11:29 | 110.20k
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Isam Malang (UNISMA)
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Isam Malang (UNISMA)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGSUDAHakan 4 bulan masa pandemi covid19 ini berlangsung. Pemerintah melaui kebijakan normal baru mencoba untuk merestrukturisasi dari sektor kesehatan, perekonomian, pendidikan dan semua sektor yang terdampak pandemi.

Bidang pendidikan berpolemik. Wacana siswa kembali lagi masuk sekolah menjadi topik yang populer di dikalangan orang tua, guru, dan praktisi pendidikan. Ada yang berpendapat kembalinya masuk sekolah akan menjadi hal yang menakutkan terkait dengan penyebaran virus corona. Mengingat masih banyaknya kasus positif, yang per hari ini saja, penambahannya mencapai 1000 lebih kasus positif baru. Seluruh ketakutan tersebut menjadikan orang tua kawatir akan kondisi anak-anak ketika memang sekolah dibuka kembali. Mereka lebih memilih pembelajaran online saja daripada belajar di kelas kembali.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Wacana tersebut kemudian dijawab oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan memberikan definisi beda tahun ajaran baru dengan masuk sekolah. Tahun ajaran baru hanyalah soal waktu dimulainya pendidikan di sekolah. Sehingga dalam kondisi pandemi seperti ini, pendidikan harus tetap berjalan walau dengan tidak datang ke sekolah seperti yang dipersepsikan masyarakat. Sampai saat ini pun, pemerintah belum merekomendasikan siswa masuk kembali ke sekolah dan masih menggunakan konsep pendidikan jarak jauh.

Permasalahan pendidikan jarak jauh atau lebih populer dengan sebutan pembelajaran daring, sangatlah banyak. Dari ketidaksiapan peralatan daring, aplikasi daring dan pengguna daring. Peralatan daring yang baik menggunakan komputer atau laptop dan bahkan android. Sedang aplikasi daring yaitu menggunakan Learning Management System sehingga pembelajaran dapat dikondisikan dengan tersruktur, terukur dan mudah dikontrol. Sekolah yang tidak memiliki aplikasi tersebut pasti pembelajaran daringnya tidak teratur. Sedangkan dari sisi pengguna, ketidaksiapannya yaitu pemahaman individu tentang bagaimana mengoperasikan Learning Management System yang disediakan di oleh sekolah.

Dalam pembelajaran daring, tidak semua jenjang pendidikan sebenarnya cocok. Misalkan dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini atau populer disingkat PAUD. Tujuan adanya PAUD adalah memberikan upaya membangun karakter, membimbing dan mengasuh kemampuan anak. Dalam PAUD pasti ada kegiatan-kegiatan, dan kegiatan dalam PAUD membutuhkan pembelajaran secara kreatif dan inovatif yang dikembangkan oleh sekolahan agar anak-anak dapat bemain sekaligus belajar dan membekali anak untuk memperoleh kesempatan dan pengalaman yang dapat membantu perkembangan kehidupan anak selanjutnya. Jika dilihat, mayoritas orang tua mendaftarnya buah hatinya ke PAUD, alasannya yaitu soal fasilitas pembimbingan guru dan fasilitas bermain yang lengkap. Jika di PAUD semua alat permainan edukasi disediakan di sekolah, bagaimana di rumah? Permainan virtual pun belum sepenuhnya institusi PAUD memilikinya. Selama ini ini, siswa PAUD hanya diberikan tugas terbimbing dengan bantuan orang tua. Tentu kesempatan bermain dengan menggunakan permainan edukasi yang biasanya disediakan di sekolah tidak terpenuhi. Anak yang biasanya ada program bermain di luar kelas dengan jalan-jalan mengenalkan anak pada lingkungan sekitarpun tidak bisa dilakukan. Bahkan, kegiatan olahraga bersama yang rutin dilakukan  di sekolah, semakin jarang dilakukan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dengan keterbatasan tersebut, maka pemerintah harus memikirkan bagaimana program pendidikan untuk PAUD yang aman, sesuai dengan karakter umur PAUD, dan mencapai tujuan kurikulum PAUD dengan efektif dan efisien.  Pemerintah harus menjamin keberlangsungan pendidikan di rumah sama dengan kegiatan pendidikan di sekolah. Semoga semuanya mampu menjawab tantangan pendidikan PAUD  karena PAUD sangat menentukan generasi emas selanjutnya.

*) Penulis: Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Isam Malang (UNISMA)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES