Gaya Hidup

Kenalan dengan Monstera, Si Janda Bolong yang Cantik

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:51 | 590.69k
monstera, si janda bolong yang tengah naik daun
monstera, si janda bolong yang tengah naik daun

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tren tamanan hias terus berkembang. Setelah gelombang cinta yang konon harganya mencapai ratusan juta rupiah, kini muncul monstera

Siapakah monstera? Dia adalah janda bolong. Eits jangan salah sangka dulu, janda bolong memang nama lain dari monstera.

Tak diketahui pasti siapa pertama kali yang menyematkan nama 'Janda Bolong' pada daun dari keluarga tanaman araceae (talas-talasan) ini. Namun yang pasti daun monstera memang berlubang. 

Ya nama monstera berasal dari bahasa Latin yaitu monstrous atau berarti abnormal. Itu karena bentuk daun monstera yang tidak seperti daun normal pada umumnya, ada robekan dan lubang di daunnya. Maka tak salah yaa jika di Indonesia daun ini bernama janda bolong.

Sementara di benua Amerika, tanaman ini juga dikenal dengan nama swiss cheese plant karena bentuknya yang menyerupai keju swiss yang berlubang.

Sebenarnya Monstera sendiri berasal dari Meksiko serta hutan-hutan tropis di Benua Amerika. Tanaman ini punya lebih dari 50 spesies, namun di Indonesia, yang paling sering digunakan sebagai tanaman hias adalah jenis monstera deliciosa dan monstera obliqua.  

Monstera deliciosa, bisa tumbuh besar hingga mencapai tinggi 20m. Karena bentuknya yang besar dan daunnya yang lebar, biasanya tanaman ini ditaruh di dalam pot dan diletakkan di lantai.

Sementara monstera obliqua ukurannya lebih kecil, termasuk ukuran daunnya sehingga cocok diletakkan di mana saja.

Monstera cocok diletakkan di dalam ruangan. Sebab daun ini rentan kering dan menguning layu terkena matahari langsung. Meski demikian ia tetap butuh cahaya untuk pertumbuhannya. Maka penting bawa monstera ke luar ruangan sekali seminggu dan biarkan terkena cahaya matahari pagi.

Jika ingin menempatkan mosntera di taman, sebaiknya taruh di area yang terkena bayangan, misalnya di bawah pohon atau diberi parafet agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Monstera cukup disiram 2-3 kali seminggu (jika ditempatkan di dalam ruangan) dan 2 kali sehari (jika ditaruh di luar ruangan). Wah ternyata perawatan dari tanaman hias monstera alias janda bolong ini mudah ya.(*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES