Peristiwa Nasional New Normal Life 2020

Wagub Emil: Gotong Royong Jadi Modal Awal Transisi New Normal

Minggu, 07 Juni 2020 - 10:27 | 18.29k
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, Sabtu (6/6/2020). (Foto : Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, Sabtu (6/6/2020). (Foto : Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menjelang New Normal Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim), Emil Elistianto Dardak menekankan pentingnya proses transisi, serta turut memperhatikan aspek epidemologis yang diantaranya melibatkan angka R0 (r-naught) dan RT (rate of transmission).

"Menjelang berakhirnya PSBB, selama ini yang dilakukan Pemprov selalu memfasilitasi penjelasan epidemiolog yang profesional mengenai kurva epidemiologi, situasi-situasi perekembangan RT (rate of transmission) untuk kemudian kita cocokan dengan aturan-aturan yang berlaku dan keputusan diambil secara kolektif oleh kepala daerah terkait," ujarnya pada Sabtu (6/6/2020).

Berbagai pihak bergotong-royong dalam upaya penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

Seperti diketahui Pemprov Jatim juga baru saja menerima bantuan ventilator dari Kemenkes RI, BNPB, BIN, BUMN, TNI, hingga Polri terus memperhatikan kebutuhan Pemprov Jatim dalam rangka mendukung upaya penanganan pasien covid-19 sesuai prinsip 3T yaitu tracing, testing dan treating atau telusur, pengujian dan penatalaksanaan.

"Bahwa di situasi seperti ini semangat gotong royong ini telah terbangun, kita wajib optimis dalam menghadapi pandemi ini ditambah dengan semakin dewasanya masyarakat dalam memahami protokol kesehatan, ini adalah modal awal untuk menyambut transisi menuju new normal," jelas Emil.

Sementara itu dalam upaya menuju new normal di kawasan industri yakni pabrik, pihaknya mengatakan selama ini pabrik sudah menyiapkan new normal. Selama ini pabrik telah menerapkan protokol kesehatan bagi para pekerjanya.

"Pabrik ini adalah tulang punggung bagi banyak sekali pekerja, bahwasanya pabrik memiliki sistem yang berkaitan dengan kepatuhan," tuturnya.

Selain pabrik sektor lain yang menjadi perhatian adalah sektor pariwisata. Emil mengatakan bahwa sektor pariwisata masih di back up oleh aparat, namun jumlah penjagaan oleh aparat tersebut akan semakin dikurangi hal tersebut merupakan bagian dari transisi menuju new normal.

"Kami mendengar bahwa kabupaten Ponorogo menguji hari Selasa akan dibuka (pariwisata) tapi dikawal betul oleh pak Bupati sehingga kalau ada masalah bisa langsung di stop, diakui rame tapi karena mereka turun bisa dikendalikan. Inilah yang kita sebut bukan new normal tapi transisi menuju new normal," terang Emil.

Wagub Jatim sangat mengapresiasi daerah di Jatim yang mengutamakan kehati-hatian dalam upaya transisi menuju New Normal. Tidak asal membuka tanpa mengawal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES