Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

Jelang New Normal, BPBD Bondowoso Pantau Kesiapan Seluruh Pasar Tradisional

Minggu, 07 Juni 2020 - 10:11 | 42.73k
BPBD bersama TNI-Polri, Diskoperindag dan Dinas kesehatan melakukan pemantauan di seluruh pasar tradisional, tampak pengunjung dicek suhu tubuh menggunakan thermo gun. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
BPBD bersama TNI-Polri, Diskoperindag dan Dinas kesehatan melakukan pemantauan di seluruh pasar tradisional, tampak pengunjung dicek suhu tubuh menggunakan thermo gun. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Jelang penerapan new normal di tengah pandemi Covid-19, BPBD Bondowoso bersama TNI-Polri, Diskoperindag dan Dinas Kesehatan setempat, melakukan pemantauan di seluruh pasar tradisional, Minggu (7/6/2020).

Pemantauan tersebut dilakukan di Pasar Induk, dan semua pasar di kecamatan. Hal itu untuk memastikan bahwa pedagang dan pengunjung mematuhi protokol kesehatan, dan siap dengan penerapan new normal. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD, Kukuh Triyamoko mengatakan, dalam pantauan kali ini, pengunjung dan pedagang dicek suhu tubuhnya.

BPBD-Bondowoso-b.jpg

"Juga dipastikan mereka mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak atau tidak berkerumun. Mereka relatif mulai mematuhi protokol kesehatan Covid-19," katanya usai meninjau langsung pasar induk.

Dia juga menjelaskan, bahwa BPBD menerjunkan semua petugas ke setiap pasar tradisional, yang sudah ditunjuk oleh Diskoprindag.

"Pasar induk, pasar di kecamatan dan pasar hewan. Itu sudah. Untuk memastikan mereka (pengunjung dan pedagang) mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Menurutnya, pemantauan tersebut dilakukan setiap hari. Mulai pukul 04:00-10:00 WIB pagi. Sementara khusus pasar Kota Kulon pukul 12:00-18:00 WIB.

"Paling tidak dalam satu bulan ini. Dalam persiapan new normal ini, kita memantau. Juga ada sosialisasi penerapan new normal," jelasnya pada TIMES Indonesia.

BPBD-Bondowoso-c.jpg

Dijelaskannya, BPBD Bondowoso juga menyiapkan tandon untuk cuci tangan di 50 titik. Di pasar, di Alun-alun dan semua tempat-tempat umum/keramaian. "Untuk memastikan ketersediaan airnya, kita isi tiap hari. Ada petugas. Baik itu habis atau berkurang, diisi lagi sampai penuh," paparnya.

Kalaksa BPBD Bondowoso mengimbau, saat new normal nanti pedagang dan pengunjung pasar tradisional tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid-19. Misalnya pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan sebagainya. "Karena orang yang terjangkit Covid-19 ini, juga ada yang tanpa gejala. Jangan sampai tertular atau menularkan," imbaunya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES