Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Polri Sumbang Ventilator, Wagub Emil: Alat Ini Bantu Keberlangsungan Hidup Pasien

Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:36 | 34.61k
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak. (Foto: dok/TI)
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak. (Foto: dok/TI)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYAPolri menyumbang puluhan ventilator untuk rumah sakit Bhayangkara di Provinsi Jawa Timur. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak sangat mengapresiasi bentuk dukungan Polri yang turut menurunkan angka kasus Covid-19 di Jatim khususnya Surabaya.

Emil merasa gembira dan menyambut baik uluran tangan pihak luar. Semakin banyak dukungan maka semakin meningkatkan semangat pemprov Jawa Timur untuk mengatasi pandemi.

"Kami berterima kasih dan bersyukur atas kerja keras yang luar biasa dari tim Polri, Polda, Polres, Polsek hingga bhabimkamtibnas yang telah mengawal penanganan covid-19 bahkan sampai penanganan kampung tangguh, PSBB hingga sekarang menyiapkan transisi new normal," ucapnya, Sabtu (6/6/2020) 

Emil mengungkapkan, saat ini jumlah warga positif Covid-19 mencapai 5.406 orang di Jawa Timur. Angka tersebut menunjukkan jumlah yang cukup tinggi yang menyebabkan wilayah Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu penyumbang tertinggi untuk pasien positif Covid-19 di Indonesia yang sekaligus menggambarkan zona merah atau bahkan cenderung merah pekat untuk kota Surabaya.

Polri-Sumbang-Ventilator.jpg

Dari tingginya angka kasus Covid-19 di Surabaya dan Jatim tersebut tentunya kebutuhan akan fasilitas kesehatan juga cukup tinggi. Hal tersebut yang menginisiasi Polri untuk memberikan fasilitas ventilator di rumah sakit di Jatim.

“Dengan tambahan alat ventilator ini, maka dapat membantu keberlangsungan hidup pasien-pasien kritis yang mengalami gagal nafas dan tentunya jumlah pasien yang dapat kami selamatkan juga akan bertambah tinggi dengan ketersediaan alat yang cukup," ujarnya.

“Kami juga optimis akan ada pasien yang sembuh. Kami akan menyelenggarakan aksi sosial donor plasma darah bagi pasien Covid-19 yang sudah sembuh agar bisa membantu pasien lain yang kondisinya berat hingga sangat berat,” tambahnya.

Ventilator sumbangan dari Polri tersebut diberikan kepada RS Bhayangkara di Jatim yakni di Surabaya, Kediri, Tulungagung, Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk, dan Bojonegoro.

Emil menambahkan, Pemprov Jawa Timur saat ini juga fokus meningkatkan pemulihan ekonomi. 

Untuk itu, fokus pembangunan diarahkan kepada percepatan pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat dengan fokus pemulihan industri, pariwisata, investasi, kesehatan dan infrastruktur di Jawa Timur.

"Sektor pertama yang paling terkena imbas adalah sektor jasa seperti pariwisata. Imbas lain Covid-19 terhadap perekonomian antara lain adalah penurunan kinerja ekspor, penurunan kinerja pertumbuhan ekonomi (terutama pada sektor-sektor terdampak seperti akomodasi, transportasi, retail, dan manufaktur), serta penurunan aliran modal," jelas Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES