Peristiwa Daerah

Hadiri Brokohan Lahir Bung Karno, Wali Kota Blitar: Indonesia Butuh Spirit Soekarno

Sabtu, 06 Juni 2020 - 18:22 | 31.87k
Wali Kota Blitar Santoso (kanan) menyerahkan potongan tumpeng 'brokohan' kepada sesepuh istana gebang, Gatot Imbata, Jumat (5/6/2020) malam. (foto: Humas Pemkot Blitar)
Wali Kota Blitar Santoso (kanan) menyerahkan potongan tumpeng 'brokohan' kepada sesepuh istana gebang, Gatot Imbata, Jumat (5/6/2020) malam. (foto: Humas Pemkot Blitar)

TIMESINDONESIA, BLITARWali Kota Blitar, Santoso menghadiri ‘brokohan’ peringatan hari lahir Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno atau Bung Karno di Istana Gebang, Blitar, Jawa Timur, Jumat (5/6/2020) malam.

Kegiatan dalam rangka Bulan Bung Karno yang digagas paguyuban kesenian mocopatan tersebut berjalan sederhana. Hanya ada satu tumpeng dan uborampenya. Alunan klenengan gamelan dan merdu suara wisik mocopatan tidak mengurangi kesyakralan peringatan hari lahir sang Proklamator ke -119 itu.

"Dalam Budaya Jawa, setiap kelahiran bayi selalu ditandai dengan beragam tradisi, salah satunya tradisi Brokohan. Brokohan diambil dari Kata Barokah yang artinya berkah," Kata Santoso dalam sambutan. 
 
Santoso mengutarakan, sebagai wujud kegembiraan dan rasa syukur atas kelahiran putra sang fajar, masyarakat melaksanakan Brokohan. Menurutnya, tradisi Brokohan berkaitan dengan kelangsungan hidup bayi kedepannya sehingga harus dilaksanakan sesuai yang telah diwariskan nenek moyang. 

"Untuk itu, pada brokohan ini, kita berdoa agar keberkahan atas kelahiran sang proklamator dapat terus dirasakan oleh bangsa indonesia sekarang dan akan datang," urainya. 

Lebih jauh Santoso mengemukakan, Spirit dari Bung Kano sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid 19. Momentum kelahiran bung Karno, menurutnya harus menjadi pendorong yang menguatkan spirit gotong royong dan persatuan sebagaimana ajaran Bung Karno. 

"Cara efektif memutuskan mata rantai penyebaran harus dengan kebersamaan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Maka dari itu, dengan semangat gotong royong wabah ini bisa ditanggulangi," ulas Wali Kota Blitar Santoso dalam acara Brokohan peringatan hari lahir Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno atau Bung Karno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES