Wisata

Surga Tersembunyi, Pantai Kambaru Menyimpan Cerita Rakyat Sumba Timur

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:07 | 233.00k
Pesona Pantai Kambaru, Desa Praibokul, Kecamatan Katala Hamulimu, Kab. Sumba Timur NTT (FOTO: Yudi Rawambaku)
Pesona Pantai Kambaru, Desa Praibokul, Kecamatan Katala Hamulimu, Kab. Sumba Timur NTT (FOTO: Yudi Rawambaku)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Pesona Pantai Kambaru yang terletak di Desa Praibokul, Kecamatan Katala Hamulimu, Kabupaten Sumba Timur NTT beegitu elok sehingga dikatakan sebagai surga tersembunyi yang menyimpan cerita rakyat nan sangat menarik.

Jika Anda berencana menikmati Pantai Kambaru, Anda dapat menempuh perjalanan dari Kota Waingapu menuju Desa Praibokul sejauh 60 km dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Menurut Pemerhati Wisata Sumba, Yudi Rawambaku, Pantai Kambaru menyimpan kisah rakyat bahwa di tempat itu ada seorang perempuan menikah dengan seorang laki-laki di mana si perempuan berasal dari Pulau Rote pada masa lampau.

"Di situ ada batu berbentuk Piramida yang bernama Watu Rambu Wotu (Batu Rambu atau perempuan dari Rote) yang pada masa lampau sebelum ia wafat memohon jenazahnya untuk dikuburkan di tepi pantai," ujarnya, Sabtu (6/6/2020).

Yudi menambahkan, ketika pengebumian telah selesai petir menyambar areal sekitar kuburan maka sebagian terpisah dari daratan dan menjulang ke laut seakan-akan Rambu pergi berlayar ke pulau Rote dengan permohonan Rambu diterima oleh Marapu Tanah Sumba.

Selain itu, kata Yudi, ketika berjalan di tepi Pantai Kambaru, kita dapat melihat rusa berkeliaran dengan kicauan burung Kakatua Sumba di sebuah kampung bernama Lailara, tempat diadakannya even budaya bernama Repit yang digelar tahunan pada Februari.

"Di situ ada upacara menjemur kain yang berumur ratusan tahun dengan memiliki banyak cerita panjang tapi lebih unik lagi jika datang pada musim penyu bertelur di Pantai Kambaru. Penyu-penyu itu berlarian menuju lautan. Memang sangat indah Pantai Kambaru," tutur Yudi Rawambaku. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES