Ekonomi

Tuban Daerah Terbaik Pembibitan Jagung Nasional

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:14 | 81.92k
Kunjungan Direktur Perbenihan Ditjend Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI di Kabupaten Tuban, Sabtu, (06/06/2020). (Foto: Dok. DPPKP Tuban)
Kunjungan Direktur Perbenihan Ditjend Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI di Kabupaten Tuban, Sabtu, (06/06/2020). (Foto: Dok. DPPKP Tuban)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kabupaten Tuban, Jawa Timur tahun di 2020 ini menjadi daerah terbaik di Indonesia yang sukses mengembangkan bibit jagung hibrida nasional. Atas capaian itu, Direktur Perbenihan Ditjend Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI berkunjung langsung ke lokasi pembenihan jagung di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tuban, Sabtu (06/06/2020).

RombonganTim Kementan bersama Tim Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tuban, melakukan pemantauan sekaligus evaluasi terhadap realisasi bantuan benih Jagung di wilayah di kecamatan Semanding, Grabagan, Bangilan. Selain itu, rombongan juga memantau langsung perkembangan program korporasi Perbenihan Jagung kecamatan Jatirogo.

Ditjend-Tanaman-Pangan-2.jpg

"Alhamdulillah, kegiatan kunjungan hari ini berjalan lancar dan Tim Kementan memberikan apresiasi terhadap Kabupaten Tuban. Terutama dalam upaya pengembangan Perbenihan Jagung dengan kualitas yang baik," kata Kepala DPKP Tuban, Murtadji.

Dengan keberhasilan tersebut, Indonesia saat ini bisa memenuhi kebutuhan bibit jagung Nasional. Dan bahkan direncanakan juga bisa memenuhi kebutuhan bibit jagung Luar Negeri.

"Saat ini kita telah mampu memenuhi kebutuhan bibit jagung diseluruh daerah di dalam maupun luar Provinsi Jawa Timur. Dan sesuai rencana pak Mentri dan sudah ada Mou jika hasilnya baik rencana akan dieksport juga ke Filipina dan Timor Lestle," beber Murtadji.

Ditjend-Tanaman-Pangan-3.jpg

Murtadji berharap, ke depan Kabupaten Tuban semamin sukses mengembangkan luas wilayah pembibitan jagung hibrida. Sehingga selain bisa memenuhi kebutuhan jagung Nasional juga bisa melakukan export ke sejumlah negara.

"Harapan kami, Bupati dan Pemprov Jatim yang diwakili Tuban, disamping bisa memenuhi kebutuhan bibit jagung nasional juga bisa diekspor ke luar negeri sehingga yang biasanya kita impor sekarang bisa ekspor. Mudah-mudahan berhasil," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES