Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Bayi Berusia 50 Hari Di Kabupaten Cirebon Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sabtu, 06 Juni 2020 - 14:04 | 21.03k
ILUSTRASI - Positif Covid-19. (Foto: Shutterstock)
ILUSTRASI - Positif Covid-19. (Foto: Shutterstock)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBONBayi perempuan usia 50 hari di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 dan tercatat sebagai pasien ke 14. Tes kepada kedua orang tua bayi dinyatakan negatif. 

"Awalnya dapat laporan dari rumah sakit rujukan covid-19 bahwa ada bayi dan orang tuanya reaktif saat mengikuti rapid tes," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan kepada TIMES Indonesia, Sabtu (6/6/2020).

Gejala klinis yang terdapat pada bayi tersebut saat dilakukan pemeriksaan suhu tubuhnya mencapai 38’C, batuk, sesak nafas dan diare.

"Hasil rapid tes reaktif, bapaknya juga reaktif, cuma ibunya saja yang tidak reaktif," ucap dia.

Setelah diketahui reaktif, tim medis melanjutkan tes dengan pengambilan sampel swab pada tanggal (4/6/2020) sore kepada bayi dan kedua orang tuanya.

"Laporan laboratorium UGJ tanggal (5/6/2020) jam 21.43 wib terkonfirmasi bayi itu positif covid-19, sedangkan kedua orang tuanya negatif," ujarnya.

Saat ini bayi dan kedua orang tuanya berada di salah satu rumah sakit guna dilakukan perawatan lebih lanjut oleh tim medis.

Adapun riwayat kontak bayi positif covid-19 berusia 50 hari sebelum dinyatakan positif covid-19 diketahui bertemu dengan pamannya yang datang dari wilayah epicentrum pada saat menggelar hajatan. "Hari ini dilakukan penyelidikan epidemiologi dengan melacak kontak eratnya (tracing/tracking)," ungkap Nanan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES