Kuliner

Popiah Medan, Kudapan Sehat yang Kaya Nutrisi

Sabtu, 06 Juni 2020 - 14:46 | 69.25k
Popiah Medan (FOTO: Merdeka.com)
Popiah Medan (FOTO: Merdeka.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPopiah Medan dari namanya saja sudah menunjukkan makanan ini berasal dari Medan. Popiah sendiri adalah kudapan yang bentuknya mirip lumpia. Ya, bisa dibilang popiah merupakan lumpia khas Medan.

Hanya mirip, jadi tentu ada perbedaan diantara keduanya. Perbedaan yang paling mencolok adalah isiannya. Popiah berisi aneka sayuran yang kaya nutrisi seperti selada, wortel, lobak putih, hingga daging kepiting. Isiannya pun jauh lebih banyak. 

Popiah 2 pilihan tekstur kulit, yaitu goreng dan biasa. Untuk popiah yang tidak digoreng, cita rasanya lebih keluar. Sedangkan popiah yang digoreng rasa crispy-nya kurang lebih mirip lumpia.

Mirip lumpia, Popiah Medan juga berbentuk gulungan lonjong. Namun ternyata ada popiah dengan bentuk yang lain. Yaitu popiah yang dibentuk seperti mangkuk. Popiah mangkuk ini terbagi menjadi dua bagian, ada bagian luar atau mangkuk yang kerap disebut cantir. Cantir ini terbuat dari adonan kue yang dicetak menyerupai mangkuk kecil, lalu digoreng sampai berwarna kecokelatan. Kemudian bagian isian yang terdiri dari sayuran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES