Gaya Hidup

Cara Rasulullah SAW Menyikapi Istri yang Sedang Marah

Sabtu, 06 Juni 2020 - 14:40 | 862.30k
ILUSTRASI - Menyikapi Istri yang Sedang Marah. (FOTO:  POPULAR-world.com)
ILUSTRASI - Menyikapi Istri yang Sedang Marah. (FOTO: POPULAR-world.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Marah adalah emosi yang normal. Semua orang bisa marah. Dalam kehidupan rumah tangga, pasti ada saatnya istri marah atau suami yang marah. Agar rumah tangga tetap harmoni, Anda perlu menyikapi marah suami atau istri dengan cara yang tepat. Dalam Islam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi marah.

Salah satu cara untuk menyikapi suami atau istri yang sedang marah adalah diam. Dalam sebuah riwayat dikatakan:

دووا الغضب بالصمت

"Obati marah dengan diam".

Dr Aid Al Qorni mengatakan dalam bukunya  "Al Hillu" menyebutkan:

إذا غضب الزوج فلتسكت الزوجة وإذا غضب الزوجة فليسكت الزوج ، وأما غضب فى غضب فجحيم لا يطاق

"Jika suami marah, maka diamlah istri  dan jika istri marah, maka diamlah suami. Karena marah dibalas dengan marah adalah neraka yang tidak tertahankan nyalanya."

Berdasarkan ayat-ayat di atas, diam adalah cara terbaik untuk meredakan marah. Sebaliknya, jika marah dibalas dengan marah, maka akan bertambah besar dan bisa menimbulkan konflik yang semakin besar. 

Anda tidak akan menemukan jalan keluar saat sedang merah. Karena itu, diamlah sejenak untuk menenangkan diri. Carilah udara yang segar lalu masing-masing segera introspeksi diri.

Nah, jika istri marah ada cara unik yang bisa suami lakukan. Anda bisa meredam emosi istri dengan memijit hidungnya. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Rasululullah.

Beliau biasa memijit hidung Aisyah jika dia marah, sambil berkata, “Wahai Aisyah, bacalah do’a, ‘Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan’.” (HR Ibnu Sunni).

Menghindari amarah yang berlebihan memang penting. Karena itu, mengatasi marah dengan pikiran tenang akan lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Laduni

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES