Peristiwa Daerah

Shalat Jumat Era New Normal, Protokol Ketat Dilakukan di Masjid Banyumas

Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:16 | 44.76k
Protokol Kesehatan Dilaksanakan dengan ketat di masa transisi era New Normal Covid19 terhadap para Jamaah Masjid Baitussyakur yang melakukan Sholat Jumat pertama sejak delapan pekan terakhir. (FOTO : Sutrisno/TIMES Indonesia)
Protokol Kesehatan Dilaksanakan dengan ketat di masa transisi era New Normal Covid19 terhadap para Jamaah Masjid Baitussyakur yang melakukan Sholat Jumat pertama sejak delapan pekan terakhir. (FOTO : Sutrisno/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMASPemkab Banyumas, Jawa Tengah di masa transisi New Normal memberikan rekomendasi sebanyak hampir 27 masjid untuk membuka dan melaksanakan shalat Jumat pertama pada 5 Juni 2020, atau sejak delapan pekan tidak ada aktivitas shalat Jumat.

Di beberapa lokasi Masjid nampak melakukan pengawasan ketat terhadap jamaah yang datang untuk beribadah sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Sebelum masuk area masjid, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh, mengharuskan jamaah untuk cuci tangan, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak 1 meter saat shalat Jumat.

Shalat-Jumat-Era-New-Normal-2.jpg

Hal itu nampak pula di Masjid Baitussyakur Desa Cibangkong, Pekuncen. Protokol yang ketat nampak dari petugas saat melakukan pemantauan kesehatan.

Pihak TNI Polri, Satgas Covid-19 Pemdes Cibangkong, dan petugas kesehatan, bahkan pihak Forkopimcam Pekuncen dan Pemkab Banyumas melalui Sekretaris Dinas DPPMPT Susmono, nampak shalat di Masjid Baitussyakur.

Menurut Susmono, seluruh pejabat di jajaran Pemkab Banyumas ikut melakukan pantauan terhadap pelaksanan shalat Jumat pertama sejak ditutup delapan pekan lalu guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Hari ini sebanyak 27 masjid di Banyumas melaksanakan kegiatan shalat Jumat pertama menuju New Normal, dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat sesuai himbauan pemerintah, " katanya.

Shalat-Jumat-Era-New-Normal-3.jpg

Di Cibangkong sendiri menurut Susmono telah melaksanakan sesuai dengan SOP. Dia mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan anjuran pemerintah.

Sementara Takmir Masjid Baitussyakur Suratno mengaku bersyukur bersama Jamaah bisa shalat Jumat kembali. Ia berharap agar Covid-19 cepat berlalu sehingga kegiatan Ibadah dapat normal kembali sesuai syariat.

Selama ditutup, Pengurus Masjid Baitussyakur mengambil kesempatan untuk membenahi bangunan yang 100 persen belum selesai pembangunannya. "Selama masa Covid-19, tidak ada kegiatan jamaah sehingga kami memanfaatkan untuk merawat masjid dengan perbaikan-perbaikan," katanya.

Pengurus Masjid Baitussyakur sebelumnya mengajukan surat ijin pembukaan tempat ibadah ke Pemkab Banyumas melalui desa agar bisa digunakan. "Sebelum shalat Jumat kami telah mengimbau jamaah melalui pengeras suara untuk tetap melaksanakan sesuai protokol kesehatan," pungkas Suratno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES