Gaya Hidup

5 Tips Memilih Bunga Potong yang Tepat

Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:53 | 159.54k
Bunga Potong (FOTO: Freepik/Popmama.com)
Bunga Potong (FOTO: Freepik/Popmama.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menghias ruangan dengan bunga potong dapat dijadikan hobi baru di masa pandemi covid- 19 seperti saat ini. Selain mempercantik ruangan, bunga potong juga dipercaya dapat enyahkan stres.

Agar tak kecewa, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar tepat memilih bunga potong. Hal ini perlu diketahui agar bunga potong dapat awet menghiasi rumah Anda.

1. Cek warna kelopak bunga

Cek-warna-kelopak-bunga.jpg(FOTO: Freepik/Carlos Quintero)

Perhatikan warna dari kelopak bunga. Pilih yang masih mulus tanpa lubang dan kerut karena. Warna dari kelopak juga wajib diperhatikan, pilih yang masih segar. Teliti betul jika ada warna kecokelatan maupun pudar di ujung kelopak artinya bunga akan layu dalam beberapa hari. Namun perlu diingat, hindari menyentuh kelopak bunga dengan jari. Hal itu akan membuat bunga lekas layu.

2. Lihat bagian bawah kelopak bunganya

Lihat-bagian-bawah-kelopak-bunganya.jpg(FOTO: Unplash/Lavi Perchik)

Selain kelopak bagian atas, penting juga perhatikan kelopak bagian bawahnya. 
Sebab salah satu tanda bunga sudah tidak segar adalah bagian bawah kelopak bunganya sudah lembek dan lembab. Dengan kondisi kelopak bunga yang terasa lebih lembek tentunya memiliki resiko tinggi untuk rontok lebih cepat.

Pilihlah bunga yang umurnya masih baru dengan memiliki kelopak dengan tekstur kuat dan tampak sedikit keras.

3. Periksa batang bunga

Periksa-batang-bunga.jpg(FOTO: Freepik)

Batang bunga yang segar itu akan terlihat lebih bersih dan kuat. Batang bunga yang lembek seperti disebutkan pada poin 2 tadi dan telah berubah warna kecokelatan, artinya bunga tersebut telah terinfeksi bakteri.

Dengan begitu bakterinya dapat terus menyebar ke daun dan bunganya. Hal itulah yang mempercepat bunga layu.

Saat memilih bunga segar, lihatlah bagian tangkainya. Pilih tangkai atau batang bunga yang berwarna hijau terang, bersih dan tidak berlubang maka bunganya masih dalam kondisi segar.

4. Perhatikan kondisi daun

Perhatikan-kondisi-daun.jpg(FOTO: Pexels/Ylanite Koppens)

Bunga dengan kualitas baik itu ditandai dengan daun yang segar dan berwarna hijau terang. Hindari membeli bunga dengan kondisi daun berwarna kuning atau kecoklatan, di daunnya ada bintik-bintik halus dan terdapat lubang pada daunnya.

Hal itu menunjukkan bahwa bunganya telah dihinggapi banyak bakteri maupun serangga. Kondisi tersebut bisa mempercepat bunga layu.

Jadi telitilah dalam memilih bunga potong. Lihatlah apakah ada serangga seperti ulat dan telur ulat yang menempel di bagian daunnya, jika ada pilih bunga yang lainnya saja ya.

5. Pilih bunga yang masih kuncup

Pilih-bunga-yang-masih-kuncup42651357d7094838.jpg(FOTO: Freepik)

Bunga yang masih kuncup lebih memiliki usia kesegaran lebih lama. Bahkan dengan perawatan air yang tepat bunga yang kuncup dapat mekar. Jadi tak ada salahnya memilih bunga dengan tunas yang baru mulai mekar.

Sebab bunga kuncup dapat bertahan lebih lama. Lalu sesampainya di rumah, letakkan dalam vas yang berisi air. Trik tersebut membuat bunga potong yang masih kuncup, ia akan perlahan mekar dan bertahan lebih lama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES