Peristiwa Daerah

Didukung TIMES Indonesia, Aksi Sosial Jogjacatt, Peduli dan Berbagi Merambah Sleman

Jumat, 05 Juni 2020 - 23:30 | 62.05k
Relawan Jogjacatt ketika membagikan paket sembako di Kabupaten Sleman. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Relawan Jogjacatt ketika membagikan paket sembako di Kabupaten Sleman. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Selain di Kota Yogyakarta, aksi sosial yang dilakukan relawan Jogjacatt (Jogja Catering), Peduli Dan Berbagi bidang ketahanan pangan yang didukung TIMES Indonesia Media Online Berjaringan No. 1 di Indonesia kini merambah wilayah Kabupaten Sleman Jumat, (5/6/2020). 

Kordinator aksi sosial, Gaguk mengatakan, aksi sosial kali ini mereka membagikan 100 paket sembako dengan sasaran warga yang terdampak di dusun Burikan, Warak Kidul, Sumberadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman yang juga dikenal sebagai sentra budidaya ikan air tawar di wilayah Kabupaten Sleman. Para petani ikan juga terdampak. Mereka sempat kesulitan menjual ikan hasil budidayanya.

Kegiatan ini merupakan aksi sosial yang kesepuluh kalinya dilakukan oleh Jogjacatt. 

"Jadi selain rutin menggelar kegiatan sosial bersama dengan Jogjabike maupun Padmanaba. Jogjacatt selama ini juga terus bergerak melakukan aksi sosial sendiri selama pandemi Covid-19 ini," terang Gaguk.

Jogjacatt sering berbagi paket makanan siap santap. Berupa nasi kotak, atau ayam montok (menu khas Jogjacatt).
Untuk waktunya selama ini dilakukan menjelang waktu siang. Namun saat bulan puasa kemarin, dibagikan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. 

Kegiatan mereka terus berlangsung sejak awal covid-19 merebak hinga saat ini. Namun lebih sering berkolaborasi atau melengkapi aksi sosial Jogjabike - Padmanaba (SMAN 3 Yogyakarta) Peduli Dan Berbagi. 

Menurut Gaguk, Jogjacatt melakukan pembagian secara door to door. Dibantu Dimas, Julfa, Arief dan sejumlah relawan lainnya. Tentu setelah sebelumnya berkoordinasi dengan pak Dukuh selaku perangkat setempat.


"Titik kumpul para relawan bertempat di rumah bu Dian yang secara kebetulan merupakan relasi bu Ike selaku sesepuh Jogjacatt," jelas Gaguk. 

Menurut keterangan Gaguk tidak hanya di kecamatan Mlati. Kegiatan mereka juga merambah kecamatan Ngaglik dan kecamatan lainnya di wilayah Sleman. Karena selain door to door para relawan acapkali mobile, keliling membagikan paket makan siang atau sembako pada warga terdampak yang di temui di jalanan wilayah Sleman. 

Meneruskan pesan pemrakasa kegiatan Triyanto, Komisaris Utama PT Tri Jaya Komunika selaku pengelola Jogjabike. Ekaligus pimpinan Jogja Catering (Jogjacatt), saudara muda Jogjabike.
Gaguk menyampaikan jika aksi sosial tersebut akan terus di gelar dengan titik yang berbeda-beda selama Covid-19 berlangsung hingga situasi mereda atau ada perubahan.

Sementara itu, Ike selaku sesepuh Jogacatt mengatakan, dipilihnya lokasi tersebut berdasar masukan dari bebagai pihak. Selain itu letaknya kebetulan tidak jauh dari dapur Jogjacatt di kawasan Cebongan Sleman.

Ike yang juga alumni Padmanaba menambahkan, keistimewaan masyarakat Yogyakarta sangat terlihat. Terlebih saat pandemi ini. Tidak saja pada kalangan mereka yang mampu, masyarakat yang kurang mampu juga begitu.

"Mereka juga turut berbagi. Biasanya mereka ada yang pesan, atau nitip nasi kotak di Jogjacatt untuk dibagikan pada aksi sosial. Meski satu dua paket tetap diterima. Karena kalau dikumpulkan dengan sumbangan donatur lainnya akhirnya jadi banyak juga jumlahnya," ucapnya. Menurut Ike, respon masyarakat penerima manfaat positif. Mereka bahkan ada yang terkejut dan mengaku baru kali ini dapat bantuan diluar pemerintah atau swasta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES