Peristiwa Nasional

Tekan Angka Covid-19, Surabaya dan Sidoarjo Tutup Jalan di Perbatasan

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:15 | 51.31k
Petugas Dishub mengarahkan kendaraan yang melintas di Jalan Rungkut Menanggal, Surabaya. (Foto: Pemkot Surabaya for Times Indonesia)
Petugas Dishub mengarahkan kendaraan yang melintas di Jalan Rungkut Menanggal, Surabaya. (Foto: Pemkot Surabaya for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Surabaya dan Sidoarjo, Polrestabes Surabaya dan Polresta Sidoarjo sepakat melakukan penutupan sementara Jalan Rungkut Menanggal. Uji coba penutupan jalan ini sudah dimulai sejak Kamis (04/06/2020). Hari ini, Jumat (5/6/2020) terpantau jalan masih ditutup.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, hasil koordinasi dengan Polrestabes Surabaya dan Polresta Sidoarjo disepakati melakukan uji coba penutupan jalan.

Petugas-Dishub-mengarahkan-kendaraan-yang-melintas-di-Jalan-Rungkut-Menanggal-1.jpg

“Sehingga diharapkan warga sudah 'tersosialisasi' bahwa ada penutupan di Jalan Rungkut Menanggal, baik dari arah keluar masuk Surabaya maupun Sidoarjo,” kata Irvan.

Rekayasa arus lalin kendaraan juga telah disiapkan. Pertama, dari arah Surabaya yang menuju Sidoarjo diputarbalikkan ke arah Jl IR Soekarno untuk menuju ke arah Sidoarjo.

Kedua, arus lalin dari Jl Wadung Asri Sidoarjo menuju Jl Raya Rungkut Menanggal dialihkan ke Jl Taman Sari - Jl IR Soekarno.

Ketiga, arus lalin dari dari Jl Rungkut Industri menuju Jl Raya Rungkut Menanggal dialihkan ke Jl Rungkut Kidul atau ke Jl Zamhuri.

Irvan menjelaskan bahwa penutupan jalan ini dilakukan sebab kawasan tersebut menjadi kasus tertinggi penyebaran Covid-19. Apalagi, wilayah ini juga dikenal daerah padat penduduk.

Rencananya, penutupan ini diberlakukan sampai berakhirnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tanggal 8 Juni 2020, sembari menunggu perkembangan lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto menyampaikan berdasarkan data Pemkot Surabaya terdapat sekitar 33,81 persen pasien positif Covid-19 ada di wilayah Surabaya Timur. Mulai dari Gunung Anyar, Rungkut, Sukolilo, Tenggilis Mejoyo dan sekitarnya.

Pihaknya memastikan dalam penutupan jalan ini, Dishub Surabaya sudah berkoordinasi dengan Dishub Sidoarjo serta jajaran kepolisian dan TNI. Langkah ini diambil demi menekan angka penyebaran Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES