Peristiwa Nasional UIN Malang

Insiden Wapres RI, UIN Malang Layangkan Surat Protes pada Manajemen Zoom

Jumat, 05 Juni 2020 - 20:04 | 21.98k
Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAUIN Malang meminta klarifikasi kepada pihak manajemen Zoom dengan melayangkan surat protes. Itu menyusul adanya insiden teknis tampilan layar sambutan Wapres RI KH Ma'ruf Amin yang dipenuhi coretan saat Webinar Nasional.

Rektor UIN Malang, Prof Dr H Abdul Haris mengutus langsung tim Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Malang untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Kami minta PTIPD yang menelusuri hal itu nanti koordinasi dan minta penjelasan ke Zoom. Dari situ kan diketahui ada nomornya. Kalau misalnya ada yang meretas, kami akan usut itu," tegas Haris saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (5/6/2020).

Haris belum mengetahui detail apa dan siapa di balik oknum peretas Webinar Nasional tersebut. Ia menyayangkan hal tersebut sempat terjadi apalagi peserta seminar virtual yang dilaksanakan Kamis (4/6/2020) kemarin diikuti seribu lebih peserta. Selain disiarkan lewat Zoom, panitia juga menyiarkan melalui You Tube.

Kepala PTIPD UIN Malang, Mukhlish Fuadi, membeberkan langkah yang telah ia ambil untuk menangani proses gangguan kemarin. Pihaknya mengaku telah mengirim surat resmi kepada manajemen Zoom mulai Kamis (4/6/2020) kemarin.

Namun hingga hari ini belum ada respon. "Sudah kemarin, tapi sampai saat ini belum ada respon," ujarnya kepada TIMES Indonesia sembari menambahkan jika pihaknya meminta klarifikasi dalam bentuk email dan juga melalui Support Ticket di Help Center Zoom. 

Sebenarnya, kata dia, UIN Malang mempunyai aplikasi sendiri untuk wadah Meeting Conference. Nyaris mirip seperti Zoom dan media pertemuan virtual lainnya. Namun, pesertanya tidak bisa menampung banyak.

Aplikasi tersebut bernama V-Meet. Aplikasi penyedia layanan pertemuan virtual serupa Zoom tersebut bisa diakses di vmeet.uin-malang.ac.id. Tidak hanya untuk kalangan UIN Malang, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan publik luas untuk memfasilitasi kepentingan khalayak umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES