Peristiwa Nasional UIN Malang

UIN Malang Bentuk Tim Khusus Usut Peretas Sambutan Wapres RI Saat Zooming

Jumat, 05 Juni 2020 - 18:10 | 47.78k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin saat memaparkan materinya di Webinar Nasional yang digelar UIN Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin saat memaparkan materinya di Webinar Nasional yang digelar UIN Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Webinar Nasional yang digelar UIN Malang bersama Wapres RI KH Ma'ruf Amin tak berjalan mulus. Tampilan layar saat KH Ma'ruf Amin memberi sambutan dipenuhi oleh coretan bewarna merah sehingga mengganggu jalannya diskusi.

Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris tak menanggap insiden ini hal remeh. Pihaknya akan mengusut tuntas mengatasi persoalan yang tak diinginkan tersebut.

"Kami minta PTIPD yang menelusuri hal itu nanti koordinasi dan minta penjelasan ke Zoom. Dari situ kan diketahui ada nomornya. Kalau misalnya ada yang meretas, kami akan usut itu," tegas Haris saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (5/6/2020).

Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Malang sendiri telah melayangkan surat protes kepada manajemen Zoom. Namun, hingga siang ini, belum ada respon positif dari pihak Zoom.

Haris belum mengetahui detail apa dan siapa di balik oknum peretas Webinar Nasional tersebut. Ia menyayangkan hal tersebut sempat terjadi apalagi peserta seminar virtual yang dilaksanakan Kamis (4/6/2020) kemarin diikuti seribu lebih peserta. Selain disiarkan lewat Zoom, panitia juga menyiarkan melalui You Tube.

"Yang jelas peserta itu lebih dari seribu. Karena yang ikut banyak sekali. Narsum kita seorang kiai, ulama, dan tokoh masyarakat yang ketepatan juga seorang Wakil Presiden. Mungkin banyak yang ingin tahu penjelasan beliau terkait ekonomi syariah dikaitkan dengan new normal life," ucapnya.

Diketahui, Wapres RI KH Ma'ruf Amin mendapatkan gelar kehormatan dan Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah dari UIN Malang. Dalam paparannya kemarin ia menyampaikan panjang lebar terkait strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES