Peristiwa Daerah

Sebanyak 129 Desa di Situbondo Rampung Salurkan BLT Dana Desa Tahap Pertama

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:56 | 54.86k
Kepala DPMD Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin di Dampingi Feri Septa Putra Koordinator Pendamping Ahli Kabupaten dan Para Pendamping Ahli Kabupaten Situbondo (Foto: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)
Kepala DPMD Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin di Dampingi Feri Septa Putra Koordinator Pendamping Ahli Kabupaten dan Para Pendamping Ahli Kabupaten Situbondo (Foto: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Sebanyak 129 dari 132 Pemerintah Desa di Kabupaten Situbondo Bumi Sholawat Nariyah Jawa Timur akhirnya bisa menyelesaikan penyaluran Bantuan Langsung (BLT) Dana Desa tahap pertama.

Dari informasi yang diperoleh TIMES Indonesia, Jumat (5/6/2020), ada 3 desa yang terakhir tercatat akan menyalurkan salah satu bantuan pemerintah untuk penanganan dampak sosial ekonomi wabah Covid-19 ini.

Ketiganya adalah Desa Kilensari Kecamatan Panarukan, Desa Jangkar Kecamatan Jangkar, Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih yang baru akan menyerahkan BLT Dana Desanya tersebut kepada warga pada Sabtu (6/6/2020).

Dari data yang ada, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa yang disalurkan oleh 129 desa di Situbondo tercatat sebanyak 20.619 Kepala Keluarga (KK). Adapun total dana yang tersalurkan sebesar Rp 12.371.400.000.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin yang dikonfirmasi, membenarkan jika kini 129 dari 132 desa telah menyalurkan BLT Dana Desa tahap pertamanya. “Alhamdulillah target kita menyelesaikan yang tahap pertama pekan ini tercapai,” katanya.

Dengan akan selesainya penyaluran tahap pertama itu, H Lutfi mengatakan, kini desa-desa sudah mempersiapkan untuk mendistribusikan BLT Dana Desa tahap keduanya atau penyaluran periode Mei. Karena sudah ada 10 desa yang telah yang sudah menyalurkan BLT-DD Tahap dua per 5 Juni 2020 hari ini.

“10 Desa yang lebih awal menyalurkan tahap pertama sudah melakukan penyaluran tahap kedua," ungkap H. Lutfi

Mantan kepala Dinsos ini mengaku, sangat bersyukur dengan kelancaran proses pencairan BLT Dana Desa tahap I ini. Meski diungkapkan, di awal prosesnya banyak muncul keluhan dari pemerintah, terutama soal syarat penerima dan prosedur pendataan KPM yang dianggap merepotkan pemerintah desa.

"Tapi keluhan-keluhan itu masih sifatnya normatif. Begitu juga dengan protes masyarakat yang pada akhirnya bisa diselesaikan oleh pemerintah desa setempat," papar H Lutfi yang menambahkan, pihaknya tetap akan melakukan evaluasi terhadap pencairan BLT Dana Desa tahap pertama itu.

Pria yang Aktif di Organisasi NU Cabang Situbondo tersebut menegaskan jika evaluasi oleh desa dan DPMD akan dilaksanakan supaya pada pencairan tahap selanjutnya, kekurangan yang terjadi sebelumnya bisa dibenahi.

Sementara Itu, Koordinator Pendamping Ahli Kabupaten Situbondo, Feri Sapta Putra, pihaknya telah mendapatkan konfirmasi dari 3 desa yang belum menyalurkan BLT Dana Desa Tahap pertama dan akan menyalurkan Sabtu, 6 Juni 2020.

Feri memastikan 129 desa di Kabupaten Situbondo yang sudah melakukan penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama dan 3 desa yang akan menyalurkan tahap pertama Juni, akan mempercepat penyaluran Tahap kedua, dengan memaksimalkan pendampingan para pendamping desa dan pendamping lokal desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES