Peristiwa Nasional

Katalog Elektronik Lokal, Indikator Modernisasi Layanan Pengadaan di Pemprov Sulteng

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:44 | 19.68k
Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate. (Foto : Humas Pemprov Sulteng for Times Indonesia)
Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate. (Foto : Humas Pemprov Sulteng for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) menggelar sosialisasi katalog elektronik lokal dan perangkat asessmen kesiapan menjadi pengelola katalog elektronik lokal lingkup Provinsi Sulteng.

Sosialisasi itu dilakukan secara virtual dari ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate, Kamis (4/6/2020). Hidayat mengatakan, salah satu indikator modernisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah ialah pemanfaatan sistem katalog elektronik lokal dalam mekanisme pengadaan barang/jasa.

Sosialisasi dalam jaringan itu dipandu moderator dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan diikuti 40 peserta dari OPD provinsi. Ada dua materi utama dalam sosialisasi itu yaitu kebijakan katalog elektronik lokal dan pemberian informasi penilaian kesiapan Katalog Elektronik Lokal di Sulteng.

Menurut Sekda, penerapan katalog elektronik lokal adalah salah satu rekomendasi aksi pencegahan korupsi melalui hadirnya layanan pengadaan yang memenuhi prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi.

"Saya kira ini baik sekali untuk mengurangi hal-hal yang jadi problem seputar pengadaan sehingga tidak ada lagi kekeliruan, atau kecurigaan kalau prosesnya berjalan tidak adil," jelas Hidayat.

Karena itu, dukungan LKPP dalam memperkaya wawasan peserta mutlak dibutuhkan supaya katalog dapat diterapkan dengan benar dan sesuai aturan undang-undang. Sehingga ia meminta peserta mengikuti arahan-arahan dan penjelasan materi dari narasumber.

"Supaya saudara-saudara dapat memahami manfaat katalog elektronik lokal, syarat-syarat barang/jasa yang dapat dimasukkan dan bagaimana cara menerapkan pembelian elektronik dalam katalog tersebut," ungkap Sekda Pemprov Sulteng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Palu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES