Ekonomi

Saat Pandemi Covid-19, Sekitar 100.000 UMKM Migrasi ke Bisnis Online

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:21 | 26.48k
Pelaku UMKM beralih ke bisnis online (Foto : dok Gojek)
Pelaku UMKM beralih ke bisnis online (Foto : dok Gojek)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dalam 3 bulan terakhir masa wabah pandemi Covid-19, lebih dari 100.000 UMKM melakukan perluasan pasar ke bisnis online. Gojek, startup buatan Indonesia telah membantu para pelaku UMKM untuk bermigrasi ke bisnis online.

Perpindahan para pelaku UMKM tersebut karena peluang untuk berbisnis online cukup besar. Konsumen lebih memilih berbelanjan online sebagai satu kebiasaan baru dalam beradaptasi dengan perilaku hidup bersih dan sehat (new normal).

Co-CEO Gojek, Andre Sulistyo (5/6/2020) menyampaikan bahwa saat ini sangat penting bagi pelaku UMKM untuk memiliki kemampuan dalam melakukan transformasi digitalisasi dan masuk ke bisnis online.

“Restoran, kafe hingga toko kelontong kini tidak bisa hanya bergantung pada pelanggan yang datang ke lokasi. Membantu UMKM mengadopsi teknologi telah menjadi DNA Gojek sejak awal berdiri, dan kemampuan ini semakin dibutuhkan untuk membantu UMKM di masa seperti ini,” ujar Andre Sulistyo.

Gojek menyediakan kebutuhan para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan bisnis secara online. Mulai dari aspek pemasaran, pembayaran, pengiriman, sampai manajemen bisnis. Sehingga di 3 bulan terakhir, 100.000 UMKM bergabung ke platform Gojek.

”Kami berharap upaya mendorong UMKM masuk ke bisnis online dapat mendukung pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi di masa pandemi,” ujar Andre.

Gojek saat ini juga sedang telah bermitra dengan berbagai institusi pemerintah antara lain Kementerian Pertanian (Kementan) guna mendorong pertumbuhan UMKM secara online.

Kerja sama Gojek dan Kementan memungkinkan pedagang di Pasar Mitra Tani untuk menjangkau pelanggan lebih luas di platform Gojek.

Gojek juga mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia. Melalui #BanggaBuatanIndonesia, Gojek menghubungkan ratusan ribu UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke jutaan pelanggan Gojek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES