Peristiwa Nasional New Normal Life 2020

Masjid NU Shalat Jumat Pertama Masa Pandemi, KH Robikin Emhas: Ada Kegembiraan Luar Biasa

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:03 | 39.20k
Pelaksanaan Shalat Jumat Pertama Selama Pandemi Covid-19 di Masjid An-Nahdlah Gedung PBNU, Jumat, 5 Juni 2020. Bertindak sebagai khatib dan imam Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA.
Pelaksanaan Shalat Jumat Pertama Selama Pandemi Covid-19 di Masjid An-Nahdlah Gedung PBNU, Jumat, 5 Juni 2020. Bertindak sebagai khatib dan imam Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA.
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah lama mengganti Shalat Jumat dengan Shalat Dhuhur akibat pandemi Covid-19, masjid lingkungan NU di Jakarta dan daerah lainnya hari ini (5/5/2020) menggelar Jumatan. "Saya melihat kegembiraan yang luar biasa," ucap KH Robikin Emhas, ketua pengurus harian PBNU, dalam siaran pers yang diterima TIMES Indonesia.

Kegembiraan warga Muslim itu, samnung Robikin, merupakan ekspresi syukur kepada Allah SWT. Yang tak kalah menggembirakan, dari pantauan dan laporan pengurus NU dari berbagai wilayah di Indonesia, semua masjid dan tempat-tempat yang menyelenggarakan Shalat Jumat mematuhi protokol kesehatan.

Shalat-Jumat-3.jpg

"Jamaah mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun atau hand satinazer, jaga jarak sewaktu khotbah berlangsung dan saat Shalat. Karpet yang lazimnya menghiasi lantai masjid juga tak terlihat," terang Robikin.

Khutbah Jumat pun dilangsungkan singkat. Namun tak mengurangi syarat sah dan rukun khutbah, serta substansi pesan yang disampaikan khatib.

"Semua itu mengonfirmasi kesungguhan umat Islam dalam menghadapi virus corona, baik secara lahir maupun batin," ucapnya.

xxx

PBNU sendiri berharap semoga dalam new normal, masyarakat aman dari covid-19 dan kegiatan sosial, ekonomi dan keagamaan berjalan baik dan produktif.

"Tak lupa, semoga covid-19 segera lenyap dari dunia," harap KH Robikin Emhas yang juga Stafsus Wapres RI ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES