Peristiwa Nasional

Asyik, Taman Wisata Alam Kawah Ijen Akhirnya Dibuka Lagi

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:17 | 80.34k
Kawah Ijen (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Kawah Ijen (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Setelah ditutup selama berbulan-bulan, akhirnya Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akan segera dibuka kembali. Wisata alam paling eksotis di Kabupaten Banyuwangi ini rencananya akan dibuka saat era new normal sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V BKSDA Jawa Timur, Purwantono, membenarkan rencana pembukaan TWA Kawah Ijen untuk wisatawan ini. Namun Purwantono belum bisa memastikan kapan pembukaan TWA Kawah Ijen sudah dilakukan.

"Wacananya begitu menyambut new normal itu. Nanti akan ada pengumuman resminya melalui surat yang dikeluarkan," ujar Purwantono, Jumat (5/6/2020).

Untuk menghindari kepadatan wisatawan, pendakian jalur Kawah Ijen akan diberlakukan sistem kuota. Yakni untuk membatasi agar wisatawan tidak melonjak dan supaya tetap terjaga jaraknya satu sama lain.

Dari hasil kajian yang dilakukan BBKSDA, dalam satu hari Kawah Ijen hanya dapat menampung 450 wisatawan saja. Apabila melebihi kapasitas yang ditentukan, maka pengunjung terpaksa akan diminta untuk pulang.

Sedangkan untuk jalur pendakian ke puncak, akan dibagi menjadi dua gelombang. Tiap gelombang pendakian, hanya dapat dilakukan oleh maksimal 225 wisatawan. Pendakian pertama dibuka pada pukul 03.00 WIB s/d 08.00 WIB. Pendakian selanjutnya pada pukul 08.00 WIB  s/d 13.00 WIB.

"Dalam beberapa pertemuan sudah disampaikan pendakian ke Ijen dijadwalkan akan dilakukan dua kali sehari," katanya.

Untuk wisatawan yang akan berkunjung atau melakukan pendakian ke Gunung Ijen bisa melakukan pemesanan tiket lebih dahulu. Waktu pemesanan tiket akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak BBKSDA. Pemesanan tiket nantinya dilakukan secara online.

Untuk diketahui, sejak mewabahnya Covid-19 pendakian Kawah Ijen telah ditutup oleh pemerintah pada Maret 2020 lalu. Dibukanya kembali wisata alam ini tentunya bakal menjadi kabar gembira kepada seluruh masyarakat.

Udara sejuk dan dingin pegunungan Ijen tentunya dapat menghilangkan stress setelah sekian bulan berdiam diri di dalam rumah. Meskipun demikian, semua wisatawan di Kawah Ijen, Kabupaten Banyuwangi diharuskan mematuhi aturan new normal yang diterapkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES