Peristiwa Daerah

Bawaslu Ponorogo Mengklaim Badan Adhoc Aktif pada 15 Juni 2020

Jumat, 05 Juni 2020 - 16:37 | 43.48k
Muh. Syaifulloh, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo ( Foto : Evita Mukharomah / Times Indonesia )
Muh. Syaifulloh, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo ( Foto : Evita Mukharomah / Times Indonesia )

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Semua tahapan pelaksanaan Pilkada Ponorogo yang dihentikan hampir 3 bulan akibat pandemi covid-19, akan segera dilanjutkan. Untuk itu Bawaslu Ponorogo akan mengaktifkan kembali badan adhoc pada 15 Juni 2020.

"Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 dan tahapannya akan dimulai sebelum tanggal 15 Juni 2020," kata Muh. Syaifulloh, Ketua Bawaslu Ponorogo, Jumat, (5/6/2020).

Badan adhoc yang akan diaktifkan kembali yaitu Panwascam dan Panwaslu Desa atau Kelurahan, berarti memfungsikan kembali tugas dan fungsi semua kelembagaan yang ada di Bawaslu Ponorogo untuk melaksanakan pengawasan semua tahapan Pilkada.

Tugas yang menanti dan segera dilaksanakan adalan pengawasan verifikasi faktual syarat dan dukungan bakal calon perseorangan, pembentukan Pantarlih dan pencocokan data pemilih.

Untuk menekan penyebaran covid-19, jumlah pemilih tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) maksimal 500 pemilih, ini sebagai penyesuaian dengan protokol kesehatan.

Selain itu nanti ada perubahan mendasar tentang tata cara pelaksanaan Pilkada Ponorogo, dari kampanye, pemungutan suara, penyelenggara memakai Alat Pelindung Diri (APD), alat coblos baru sampai model pleno dengan model baru yang menyesuaikan protokol kesehatan, namun secara detail masih menunggu Keputusan Bawaslu RI.

"Langkah awal, Bawaslu Ponorogo akan melaksanakan koordinasi dengan Pemkab dan Satgas covid-19 Ponorogo dalam penyesuaian pelaksanaan pengawasan Pilkada Ponorogo dengan protokol kesehatan yang berlaku di Ponorogo," tegas Muh Syaifulloh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES