Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

Shalat Jumat Perdana di Masjid Agung Raya Sumber, Ini yang Dilakukan Takmir

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:00 | 29.87k
Kondisi Pelaksanaan Shalat Jum'at di Masjid Agung Raya Sumber Kabupaten Cirebon Yang Menerapkan Jaga Jarak(Foto : Devteo MP / TIMES Indonesia)
Kondisi Pelaksanaan Shalat Jum'at di Masjid Agung Raya Sumber Kabupaten Cirebon Yang Menerapkan Jaga Jarak(Foto : Devteo MP / TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, CIREBON – Untuk pertama kalinya, setelah lama tidak menggelar shalat secara berjamaah, Masjid Agung Raya Sumber menggelar pelaksanaan shalat Jumat secara berjamaah.

Ketua DKM Masjid Agung Raya Sumber, Mushofa mengatakan dalam melaksanakan shalat Jumat tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memasang jarak satu meter antar jamaah sesuai apa yang diamanahkan oleh keputusan MUI.

"Tadi pagi kita semprot disinfektan sebelum pelaksanaan shalat Jumat, kita juga pasang jarak satu meter antar jamaah sesuai keputusan MUI," kata Mushofa saat ditemui selepas pelaksanaan shalat Jumat di halaman Masjid Agung Raya Sumber Kabupaten Cirebon, Jumat (5/6/2020).

Bahkan pihaknya pum hanya membuat satu pintu akses dimana jamaah hanya masuk melalui satu pintu dan diwajibkan menggunakan masker. Pihaknya pun pada kesempatan shalat Jumat berjamaah ini menyiapkan masker bagi jamaah yang tidak menggunakan masker.

"Akses masuk kita buat satu pintu, dan kita juga menyiapkan masker bagi jamaah yang tidak menggunakan masker karena jamaah diwajibkan menggunakan masker selama melaksanakan shalat Jumat," bebernya.

Selain itu, sebelum jamaah masuk ke dalam masjid pihaknya mengecek suhu tubuh serta wajib menggunakan hand sanitizer bagi setiap jamaah shalat Jumat.

"Kita lakukan pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan jamaah menggunakan hand sanitizer, pada pelaksanaan shalat Jumat juga kita tidak membatasi jumlah jamaah," tutur dia.

Tidak dibukanya seluruh halaman, lanjut dia, karena jamaah berasal dari perkantoran pemerintahan mengingat posisi masjid berada tepat di pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon.

"Masih ada beberapa ASN yang WFH, jadi kita gak buka semua halaman masjid," ungkapnya.

Disebutkannya, daya tampung Majid Agung Raya Sumber dapat menampung lebih dari 800 orang bila dalam kondisi normal. "Kalo situasi normal masjid ini bisa menampung lebih dati 800 orang," ucap dia.

Pihaknya berharap pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Agung Raya Sumber ini menjadi percontohan bagi masjid lainnya yang menggelar shalat Jumat berjamaah di wilayah Kabupaten Cirebon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES