Peristiwa Daerah

Bupati Ponorogo: Pemkab Siap Laksanakan Pilkada Ponorogo 2020

Jumat, 05 Juni 2020 - 16:02 | 70.84k
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni ( foto : Evita Mukharomah / Times Indonesia )
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni ( foto : Evita Mukharomah / Times Indonesia )

TIMESINDONESIA, PONOROGOBupati Ponorogo Ipong Muclissoni menyatakan kesiapan anggaran dan aparatur pemerintah untuk penyelenggaraan Pilkada Ponorogo 2020.

"Anggaran Pilkada Ponorogo tidak termasuk dalam realokasi anggaran pandemi covid-19," kata Ipong Muchlissoni, Jumat, (5/6/2020).

Menurutnya, Pemkab Ponorogo baik dari segi anggaran maupun aparat dalam pelaksanaan Pilkada Ponorogo, semuanya ready sampai tingkat desa. Pelaksanaan Pilkada Ponorogo harus diubah dengan kebiasaan baru yang berbeda dengan Pemilihan Umum sebelumnya, yaitu harus menyesuaikan protokol kesehatan.

Perubahan itu antara lain adalah model kampanye harus memperhatikan social distancing dan physical distancing atau lebih mengutamakan model kampanye daring.

Tata cara pencoblosan yang dulunya menggunakan satu alat coblos, nantinya harus menggunakan alat coblos yang berbeda dan steril untuk masing-masing pemilih, begitu pula penandaan bagi yang sudah menggunakan hak pilih, dan tidak memakai celup tinta.

"Perubahan pelaksanaan Pilkada yang menyesuaikan kebiasaan baru dalam protokol kesehatan, harus didukung edukasi dan sosialisasi yang inten oleh semua elemen," jelasnya.

Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat harus dilaksanakan inten secara bersama-sama, agar masyarakat memahami betul tata cara pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

"Diperlukan kolaborasi semua elemen antara Pemerintah, KPU, Bawaslu, Partai Politik di Ponorogo untuk bersama-sama memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar pelaksanaan Pilkada Ponorogo 2020 berjalan dengan lancar sesuai harapan," tegas Bupati Ponorogo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES