Pendidikan

Dinas Pendidikan Kota Cirebon Siapkan Website untuk PPDB Secara Online

Jumat, 05 Juni 2020 - 14:18 | 44.78k
Ilustrasi pendaftaran PPDB secara online.(Foto: Redkal.com)
Ilustrasi pendaftaran PPDB secara online.(Foto: Redkal.com)

TIMESINDONESIA, CIREBONDinas Pendidikan Kota Cirebon siapkan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online melalui website. Ini dimaksudkan agar siswa dan orang tua tidak perlu datang ke sekolah untuk mendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Irawan Wahyono menjelaskan, PPDB kali ini bertepatan di tengah wabah Covid-19. Untuk itu, pihaknya menyiapkan website khusus untuk pendaftaran calon siswa, agar tidak ada kerumunan di sekolah dikarenakan sedang mendaftarkan calon siswa.

"Kita bekerja sama dengan salah satu provider, dan ditargetkan website mulai dapat diakses umum dan digunakan sebagai media PPDB pada 29 Juni 2020," jelasnya, Jumat (5/6/2020).

Untuk pendaftarannya, akan dibagi dua tahap. Tahap 1 dibuka pada 29 Juni sampai 1 Juli 2020 dan Tahap 2 pada 2-7 Juli 2020. Terdapat empat jalur pendaftaran yang bisa digunakan calon siswa, yakni dari afirmasi, prestasi, perpindahan (mutasi) orang tua, dan zonasi.

"Tahap 1 rencananya sebagai masa pendaftaran untuk tiga jalur, masing-masing prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua. Jalur zonasi akan diberlakukan pada tahap 2," ungkapnya.

Irawan melanjutkan, sejauh ini perkembangan website masih berkisar 80 persen. Dinas Pendidikan Kota Cirebon masih melakukan pemutakhiran fitur pada website sebelum siap digunakan. Selama menanti kesiapan website, pihaknya akan menggelar bimbingan teknis bagi operator-operator sekolah maupun kepala sekolah mulai akhir pekan ini.

Apabila nantinya ditemukan kekurangan pada berkas pendaftaran saat PPDB Online, lanjutnya, pihak sekolah dimungkinkan akan mendatangi orang tua siswa untuk meminta melengkapinya. "Dinas Pendidikan Kota Cirebon usahakan pihak sekolah yang datang ke rumah calon siswa, bukan sebaliknya, supaya tak ada kerumunan di sekolah," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES