Peristiwa

Ribuan ABK di Tanjung Tembaga Probolinggo Rapid Tes Corona

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:38 | 70.57k
Rapid tes ABK dan pekerja pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Rapid tes ABK dan pekerja pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ribuan ABK di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, Jawa Timur, jalani rapid test corona. Pemeriksaan dilakukan, mengingat ABK dan pekerja pelabuhan sangat rentan terpapar virus tersebut. Selain itu, juga dikhawatirkan ABK yang datang dari luar daerah, berpotensi menjadi carier atau pembawa virus corona.

Rapid tes digelar di kantor Pelindo III Tanjung Tembaga, Jumat (5/6/2020). Rapid tes itu, merupakan rangkaian dari 50 ribu rapid tes yang digelar Dirjen Perhubungan, di Provinsi Jawa Timur. Untuk pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, ada kuota sebanyak 3.000 rapid tes.

“Sebelumnya, untuk kalangan pekerja pelabuhan, sudah kami lakukan rapid tes. Jumlahnya sekitar 100 lebih,” kata General Manager Pelindo III Tanjung Tembaga, Adji Djoko, Jumat siang.

Seluruh ABK kapal barang dari berbagai daerah asal, masyarakat nelayan serta pegawai pelabuhan, menjalani rapid tes massal tersebut. Dengan system bergantian, agar tidak terjadi kerumunan massa. Sejauh ini, hasilnya masih belum diketahui secara keseluruhan.

“Sangat bagus sekali, karena memang pekerjaan kami berkeliling nusantara. Atau bertemu dengan orang lain dari berbagai tempat asal. Kami ikut rapid tes ini, untuk mengetahui kondisi saat ini. sebab kan banyak yang ternyata positif tapi tidak bergejala,” terang salah satu ABK, Erfan.

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Tembaga Probolinggo, Subuh Fakkurohman menyebut, sebelum ada pandemi corona, pihaknya punya SoP khusus, untuk kapal yang datang ke pelabuhan. Yakni pemeriksaan oleh tim kesehatan pelabuhan, serta karantina mandiri di kapal yang bersangkutan, di tengah perairan Probolinggo.

“Sejauh ini sudah ada SoP khusus ya, tapi adanya rapid tes ini diharapkan mampu meminimalisir sebaran corona di antara pekerja pelabuhan,” ujarnya.

Kawasan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, beberapa bulan terakhir, juga mengalami aktivitas bongkar muat barang. Lantaran banyak pabrik dan kawasan industri di sekitar Probolinggo, yang memanfaatkan pelabuhan untuk bongkar muat barang pesanan maupun barang kiriman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES