Kesehatan

4 Tips Merawat Masker Kain agar Awet dan Sehat Digunakan

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:57 | 46.46k
masker kain (FOTO: Pikiran-rakyat.com)
masker kain (FOTO: Pikiran-rakyat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMasker kain bukan menjad barang langka lagi. Hampir setiap orang kini memiliki masker kain. Masker berbahan kain ini memangg direkomendasikan untuk digunakan bagi Anda yang sehat, agar tak tertular coronavirus.

Di masa new normal, penggunaan masker menjadi wajib ya. Tak seperti masker medis yang sekali pakai, masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali.

Agar tak lekas rusak begini cara merawat masker kain yang tepat.

1. Cuci masker setiap hari

Seperti masker medis, segera ganti masker Anda jika telah terasa lembap. Cucilah masker setiap selesai digunakan. Purvi Parikh, M.D., seorang ahli alergi dan imunologi dan anggota Physicians for Patient Protection mengatakan jangan gunakan masker yang telah digunakan ke luar rumah. 

"Misalnya, jika Anda pergi ke toko kelontong, itu harus dicuci saat kembali ke rumah dan sebelum keluar berikutnya," jelas Jones.

2. Gunakan air hangat

Mencuci masker perlu perhatian khusus. Bunuh kuman yang menempeel dimasker tak hanya dengan deterjen saja, tapi sangat dianjurkan menggunakan air hangat.

"Gunakan air hangat untuk menghilangkan bakteri dan virus tanpa melemahkan kain," kata Jones lagi.

Jauh lebih baik lagi jika Anda mencucinya dengan menggunakan tangan. Namun perlu diingat, jangan terlalu keras menguceknya, hal itu akan membuat masker berubah bentuk atau bahkan lekas rusak.

3. Mengeringkan bagian tertentu pada masker

Jemur masker yang telah dicuci di bawah sinar matahari. Pastikan terpapar mattahhari pada bagian pada masker yang sulit kering. Dan pastikan mesker benar-benar kering sebelum diambil dan digunakan kembali.

4. Setrika masker

Untuk masker berbahaan katun Anda dapat menyetrikanya. Selain membuat Masker lebih rapi, panas dari setrika dapat memaksimalkan pembunuhan kuman yang mungkin saja hinggap saat proses penjemuran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES