Peristiwa Nasional

BNPB: Ratusan Rumah Rusak Pascagempa M6,8 Maluku Utara

Jumat, 05 Juni 2020 - 10:42 | 30.41k
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa. (FOTO: Istimewa)
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALUKU UTARA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, ratusan rumah rusak akibat guncangan gempa bumi magnitudo 6,8 yang terjadi Kamis (4/6/2020) sore. Rumah rusak tersebar pada 6 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Morotai, Maluku Utara.

Laporan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, per Kamis (5/6/2020) pukul 22.50 WIB,  total rumah rusak berjumlah 128 unit yang tersebar di 6 kecamatan, yakni Morotai Selatan, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat, dan Pulau Rao.

"Dengan rincian 99 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang, dan 11 unit rumah rusak berat," ujar Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Jumat (5/6/2020).

BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai mencatat tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada pukul 15.49 WIB. BPBD setempat melaporkan pascagempa terjadi evakuasi warga.

"Masih terdapat masyarakat yang bertahan di dataran ketinggian atau di rumah saudara karena trauma," ujarnya menambahkan.

Disampaikannya, sesaat setelah gempa, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai dan instansi terkait melakukan penanganan darurat, seperti memastikan pertolongan korban dan pendataan kerusakan.

BNPB terus memonitor perkembangan pasca gempa bumi di Maluku Utara dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat dalan penanganan darurat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES