Pendidikan

Keren! Mahasiswi Akbid Griya Husada Bikin Wedang Herbal untuk Imun Tubuh

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:56 | 78.41k
Suasana pembuatan wedang herbal oleh mahasiswi Akbid Griya Husada Surabaya. (FOTO: Ammar Ramzi/Times Indonesia)
Suasana pembuatan wedang herbal oleh mahasiswi Akbid Griya Husada Surabaya. (FOTO: Ammar Ramzi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Mahasiswi Akbid Griya Husada Surabaya membuat wedang herbal yang baik untuk meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi Covid-19. Minuman wedang tersebut dibuat menggunakan bahan dasar rempah-rempah seperti jahe, temulawak, kayu manis, dan lain-lain.

Upaya pembuatan wedang herbal untuk warga lingkungan Akbid itu menyusul pembentukan Kampung Tangguh di asrama mahasiswi nusantara milik Akbid Griya Husada, Selasa, (1/6/2020) yang lalu.

pembuatan-wedang-herbal-2.jpg

Perlu diketahui bahwa di asrama tersebut ada 65 mahasiswi yang berasal dari berbagai pelosok daerah di Indonesia. Mulai Papua, NTT, Kalimantan, Riau, Sulawesi Selatan, dan lain-lain. Mereka tak bisa mudik akibat pandemi Covid-19.

Maka dari itu Gubernur Jatim Khofifah menggandeng TIMES Indonesia dan Universitas Brawijaya memutuskan untuk membentuk Kampung Tangguh di sana.

Selain untuk memastikan warga asrama dapat tangguh melawan Covid-19, ini juga merupakan bentuk pembelajaran bagi mahasiswi untuk menerapkan konsep Kampung Tangguh di lingkungan mereka tinggal.

Konsep Kampung Tangguh

Perlu diketahui bahwa konsep Kampung Tangguh sendiri memiliki tujuh aspek yang harus dipenuhi untuk kriteria keberhasilan:

1. Ketangguhan SDM

2. Ketangguhan pangan

3. Ketangguhan kesehatan

4. Ketangguhan psikologi

5. Ketangguhan keamanan dan ketertiban

6. Ketangguhan informasi

7. Ketangguhan budaya

Ketujuh aspek di atas telah disosialisasikan oleh pihak Satgas Universitas Brawijaya kepada seluruh penghuni dan pengelola asrama.

Menurut pantauan Times Indonesia pada Kamis (4/6/2020), beberapa dari tujuh konsep di atas telah dijalankan dengan baik oleh mahasiswi asrama nusantara.

pembuatan-wedang-herbal-3.jpg

Terlihat dari protokol penerimaan tamu yang mewajibkan cek suhu tubuh, cuci tangan, dan pendataan. Kemudian secara terstruktur mahasiswi telah dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk memenuhi tujuh konsep Kampung Tangguh.

Seperti yang telah disebutkan di atas, para mahasiswi Akbid Griya Husada Surabaya juga mulai diajarkan untuk membuat wedang herbal yang baik untuk meningkatkan imun tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES