Pendidikan

Latih Keterampilan Anak, Singapore National Academy Adakan Summer Program 2020

Jumat, 05 Juni 2020 - 05:50 | 66.70k
Potret anak produktif dan kreatif selama belajar dari rumah (Foto: Marcomm SNA)
Potret anak produktif dan kreatif selama belajar dari rumah (Foto: Marcomm SNA)

TIMESINDONESIA, SURABAYASingapore National Academy (SNA) adakan kursus yang unik untuk melatih keterampilan siswa di tengah pandemi Covid-19 yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Juni hingga 4 Juli 2020 mendatang.

Diikuti 382 siswa, program yang dinamakan SNA Summer Program 2020 ini tak hanya untuk siswa SNA saja melainkan terbuka untuk siswa-siswa sekolah umum.

Anak-Belajar-2.jpg

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program pendidikan tambahan yang biasanya dilaksanakan pada masa liburan kenaikan kelas ini akan diajarkan secara online selama satu bulan penuh.

Academic Advisor SNA, Peter Araman mengatakan, awal program ini dibuka pada bulan lalu, langsung mendapatkan antusias dari siswa-siswa SNA dan sekolah lain di Surabaya dan Sidoarjo.

Kendati demikian, Summer Program ini merupakan upaya SNA untuk memberikan kegiatan bagi siswa yang melibatkan pikiran dan fisik dengan cara yang produktif dan menyenangkan saat menjalani karantina diri di rumah.

"Jenis kursus di dalamnya telah kami pilih secara hati-hati sesuai dengan tingkat usia siswa dimana akan memberikan berbagai keterampilan baru, teman-teman baru, serta kecerdasan dalam menggunakan teknologi sebagai alat belajar masa kini," tutur Peter, Kamis (4/6/2020).

Dalam hal ini, kursus-kursus tersebut diminati oleh banyak siswa baik dari tingkat TK hingga SMA. Kursus ini diajarkan langsung oleh 34 guru expatriate dan lokal serta alumni SNA ini sebagian besar menggunakan bahasa Inggris sebagai medium pembelajaran. Sehingga setiap siswa dapat memilih hingga 17 jenis kursus sesuai dengan pilihan dalam kelompok umurnya.

Anak-Belajar-3.jpg

Kerry Graham selaku Guru Bahasa Inggris SNA menjelaskan, program ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memperluas minat siswa karena kursus yang ditawarkan disini tidak terdapat dalam pelajaran sekolah normal.

"Seperti kursus Story-telling, saya telah memilih beberapa buku bacaan anak kontemporer yang sangat menyenangkan untuk siswa usia dini. Kursus Debate juga banyak peminatnya dari tingkat SMA, saya perkirakan akan ada banyak perdebatan berkualitas yang terjadi di dalamnya," jelas Kerry.

Adapun kursus lainnya seperti 2D & 3D Animation, Anime, Game Development, App Development, Sneaker Customization, Podcasting, Programming, dan Digital Painting.

"Saya senang dengan adanya progran ini anak-anak dapat mengeksporasi keingintahuan mereka terutama di bidang teknologi. Dalam kursus Game Development yang akan saya ajarkan, siswa mulai dari tingkat SD dapat mempelajari dasar-dasar programming, desain game 3D hingga juga meluncurkan game yang berhasil mereka ciptakan ke dalam website Roblox," kata Santhiyanathan selaku Guru Ed-Tech SNA.

Selain itu, materi bahasa juga turut memperkaya ragam kursus ini seperti German Language, French Language, dan Chinese Language. Namun, tak kalah menariknya, Indonesian Traditional Song & Culture dan Indonesian Story-telling pun juga dapat dipelajari melalui progam ini.

"Sebagai bentuk pelestarian warisan budaya Indonesia, SNA Summer Program 2020 ini diharapkan mampu turut mendukung pemerintah dalam memperkenalkan keindahan tradisi bangsa serta menumbuhkan kecintaan dari generasi muda," tutup Peter Araman, Academic Advisor Singapore National Academy(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES