Pendidikan Bencana Nasional Covid-19

UPI Bandung Gelar Pilmapres Secara Daring

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:36 | 62.52k
Pilmapres UPI Bandung digelar secara daring. (Foto: Panitia Pilmapres UPI for TIMES Indonesia)
Pilmapres UPI Bandung digelar secara daring. (Foto: Panitia Pilmapres UPI for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung) menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas mulai 2 Juni hingga 4 Juni 2020 secara daring. 

Wakil Rektor UPI Bandung Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr H M Solehuddin, M.Pd., M.A mengatakan pelaksanaan Pilmapres kali ini dilaksanakan tidak seperti biasanya karena digelar dalam jaringan (daring).

Warek berharap kepada pemenang mahasiswa mahasiswi berprestasi yang telah lolos dan berhasil menjadi wakil dari fakultas dan UPI kampus di daerah, bisa menjadi indikator kesuksesan mahasiswa UPI berprestasi di masa depan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. 

"Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu panitia yang telah bekerja keras walaupun dalam situasi pandemi ini, semoga proses-proses yang kita jalani ini tidak mengurangi sisi kualitas Pilmapres. Harapannya nanti akan terpilih mahasiswa berprestasi dalam program sarjana dan diploma," ucap Prof Solehuddin.

Belajar dari pengalaman masa lalu, lanjut Soleh, diharapkan panitia dapat menggunakan pengalaman sebaik-baiknya untuk memilih siapa perwakilan yang dianggap representatif mewakili UPI di tingkat nasional, baik dalam program sarjana dan diploma.

Calon yang telah terpilih diharapkan ada upaya yang maksimal untuk lebih siap berkompetisi di tingkat nasional. "Karena tidak mungkin mahasiswa berprestasi dilakukan secara instan dapat terwujud, tetapi sudah melalui pelbagai proses yang terencana, tersusun, dan terpola dengan baik," tandas Solehuddin.

Ketua Pelaksana Pilmapres yang juga Direktur Kemahasiswaan UPI, Mupid Hidayat menjelaskan, rangkaian pelaksanaan kegiatan Pilmapres diawali pada seleksi tingkat program studi, seleksi tingkat fakultas dan UPI kampus di daerah, dan akhirnya telah terpilih 16 peserta Pilmapres yang meliputi 13 peserta dari program sarjana dan 3 peserta dari program diploma.

“Mewabahnya Covid-19 di Indonesia berdampak pada penundaan berbagai kegiatan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Termasuk salah satunya Pilmapres 2020, sehingga pelaksanaan seleksi Pilmapres tahun ini dilakukan secara daring,” kata Mupid. 

Kendati demikian, tukas Mupid, Pilmapres sebagai ajang bergengsi bagi mahasiswa ini menurutnya tidak akan mengurangi esensi dari kegiatan yang sudah dirancang dan disusun oleh panitia. 

"Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pilmapres tingkat universitas ini masih berjalan walaupun di masa pandemi Covid-19. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh panitia yang telah bekerja secara keras, bekerja cerdas dan ikhlas," ucapnya.

Untuk diketahui teknis pelaksanaan seleksi Pilmapres tingkat universitas hari pertama meliputi tes kepribadian (CBT), Leaderless Group Discussion (LGD), Kemampuan Bahasa Inggris (reading, essay, dan oral presentations), dan Wawasan Kebangsaan (CBT).

Sedangkan hari kedua, dilaksanakan bidang ektrakurikuler yang bertujuan untuk mengklarifikasi, mengeksplore, dan mengkonfirmasi prestasi yang sudah diraih oleh peserta mahasiswa berprestasi baik dari unsur akademik, non akademik dan yang lainnya. 

Hari ketiga dilaksanakan rapat pleno untuk menetapkan dan memutuskan hasil seleksi Pilmapres sebagai perwakilan representatif dari UPI Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bandung

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES