Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

Siapkan New Normal Life, Pemkab Muba Gelar Webinar Bersama Para Ahli

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:30 | 27.51k
Webinar yang digelar Dinkes Kabupaten Muba terkait New Normal Life (Foto : Kominfo Muba)
Webinar yang digelar Dinkes Kabupaten Muba terkait New Normal Life (Foto : Kominfo Muba)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) mematangkan persiapan New Normal Life. Seperti diketahui pandemi Covid-19 mensyaratkan masyarakat ke depan merubah tatanan hidup menjadi yang baru, harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan apa yang sudah ditentukan WHO.

"New Normal Life ini bukan untuk melonggarkan protokol kesehatan yang sudah ada tetapi justru merubah perilaku sehari-hari untuk dapat bekerja secara produktif dan aman. Karena kita tidak tahu dimana virus Corona ini berada. Ini tatanan baru yang bakal dijalani, yang harus diperhatikan dan dijadikan kebiasan baru," ujar Bupati Muba Dodi Reza saat Webinar dengan Tema Kesiapan Kabupaten Muba dalam Menghadapi New Normal Life, Kamis (4/6/2020).

Menurut Doktor jebolan Unpad ini, Kickoff New Normal Life bukanlah ramai-ramai deklarasi buka mall, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya, tapi bagaimana kita juga mengedukasi seluruh masyarakat sudah terbiasa tanpa paksaan mengikuti tantanan hidup yang baru yang disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

'Namanya New Normal Life, sehingga untuk menuju ke sana diperlukan kesiapan semua pihak baik Pemerintah, para stakeholder, akademisi, penegak hukum, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tentunya Warga Masyarakat kita untuk bersiap apabila New Normal Life sudah bisa kita terapkan nantinya," ujar eks anggota DPR RI ini.

Sekarang ini, lanjutnya, Pemkab Muba sedang konsen dalam fase persiapkan seluruh elemen masyarakat untuk masuk fase baru. Mulai dari mempersiapkan sarana kesehatan misalnya nanti akan ada PCR tes di Muba dan sarana prasarana kesehatan lainya wajib terpenuhi sesuai ketentuan dengan mengacu protokol kesehatan.

"Secara masif akan dilakukan uji tes di Muba. Selama ini butuh 15 hari hingga hasil uji tes keluar, maka kami putuskan mengadakan PCR real time di Kabupaten Muba yang saat ini dalam proses, rumah sehat dan tempat isolasi mandiri kita siapkan dengan lebih masif lagi," terang Dodi.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Sumsel, Prof Dr dr Yuwono M Biomed menyampaikan syarat menjalani New Normal Life (NNL) yaitu pertama, pemerintah bisa membuktikan bahwa transmisi sudah dikendalikan yaitu angka Ro (R) kurang dari 1(satu).

"Kedua, Sistem kesehatan tersedia untuk melacak kontak (tracing), mendiagnosis (testing) dan merawat (treatment) kasus positif Covid-19. Ketiga, risiko penularan sudah terkendali terutama di tempat dengan kerentanan tinggi,"ungkap Guru Besar FK Unsri ini.

Kemudian, keempat lanjut dia, langkah pencegahan di lingkungan kerja/bisnis seperti jaga jarak, cuci tangan dan etika batuk bersin berjalan baik. "Kelima, mencegah kasus impor virus corona, dan keenam, mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dan terlibat transisi NNL," ungkapnya.

Nara sumber lainnya, Guru Besar FISIP UNSRI, Prof Dr Alfitri MSi mengatakan bahwa New Normal Life ialah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal ditambah penerapan protokol kesehatan mencegah penularan Covid -19.

"Adaptasi perubahan perilaku kearah pencegahan penularan Covid-19 yang pertama akan berada pada fase sistem bersifat paksaan dalam ketertiban dan kedisiplinan bersama," terang Sekretaris Senat Unsri ini.

"Kemudian meningkat pada partisipasi, dimana tumbuh kesadaran perilaku tertib dan disiplin hingga berlanjut pada fase inisiasi dimana muncul inovasi dan kreasi dalam menjalani kehidupan New Normal  sehingga kita bisa beradaptasi dan pencegahan terhadap covid-19 dapat dilakukan," ungkap Sosiolog Unsri ini.

Dalam rangkaian webinar Pemkab Muba, dipandu oleh moderator bung FK dengan tema Kesiapan Kabupaten Muba dalam Menghadapi New Normal Life tersebut Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin didampingi oleh Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP serta turut diikuti sebanyak 485 partisipan, yang berasal dari berbagai kalangan yaitu Kapolres Muba, Dandim 0401 Muba, Kejari Muba, Sekda Muba FKPD, OPD, Pemerintah Kecamatan dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES