Peristiwa Nasional Desa Aman Corona

Kampung Tangguh di Kabupaten Gresik Diharapkan Meluas ke Seluruh Desa

Kamis, 04 Juni 2020 - 17:00 | 29.10k
Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat mengunjungi Kampung Tangguh (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat mengunjungi Kampung Tangguh (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
FOKUS

Desa Aman Corona

TIMESINDONESIA, GRESIKKampung tangguh di Kabupaten Gresik, Jawa Timur semakin meluas. Hingga saat ini ada 56 kampung tangguh. Diharapkan, seluruh desa di Kota Pudak menerapkan program tersebut.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan kampung tangguh bisa menjadi role model penanganan penyebaran virus Corona yang dilakukan masyarakat desa.

Mereka diminta mandiri dan ikut serta melaksanakan protokol kesehatan dan mampu gotong royong saling membantu sesama dalam menangani Covid-19.

"Saat ini sudah membuat 56 Desa Tangguh dan 54 Pasar tangguh," kata Sambari saat mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke Kampung Tangguh Covid-19 di RW 8 Desa Petiken Kecamatan Driyorejo Gresik pada Kamis (4/6/2020).

Dalam waktu sebulan mendatang, diharapkan Sambari semua desa dan kelurahan yaitu sebanyak 330 desa dan 26 Kelurahan akan bisa dijadikan Desa Tangguh Covid-19. 

"Bagi kami protokol kesehatan adalah harga mati untuk perubahan perilaku kehidupan yang merupakan modal utama new normal," tegas Sambari.

Sementara itu Gubernur Khofifah berharap menjelang penerapan new normal di Surabaya Raya, masyarakat harus siap dan terus menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas.

“Kami berharap seluruh RW sekitarnya mengikuti aksi seperti yang ada di tempat ini. Insyaallah Gresik semakin sehat," ujar dia.

Melihat kenyataan yang ada di beberapa wilayah Kabupaten Gresik, Khofifah yakin new normal di Jawa Timur ini bisa dilaksanakan dengan baik.

“Keadaan yang ada di sini serta beberapa tempat di Jawa Timur ini bisa dijadikan role model bagi Provinsi lain yang ada di Indonesia," harap Khofifah. 

Sebelumnya, Gubernur Khofifah mengunjungi beberapa tempat lain di Gresik. Gubernur didampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran dan Dan Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah.

Saat pagi harinya, rombongan Gubernur mengunjungi Pasar Rakyat Pondok Permata Suci (PPS) Manyar Gresik. Saat itu, Gubernur melihat langsung proses jual beli di Pasar PPS yang sudah sesuai protokol kesehatan WHO.

Sebelum menuju kampung tangguh di Kabupaten Gresik, Gubernur juga mengunjungi area Industri di PT Karunia Alam Segar (KAS). Di sana rombongan beraudiensi dalam persiapan penerapan new normal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES