Peristiwa Daerah Jemaah Haji 2020

Biro Haji dan Umroh di Kabupaten Sragen Pasrah Keputusan Kemenag RI

Kamis, 04 Juni 2020 - 16:39 | 63.44k
Agen Biro Haji dan Umrah Rindu Baitullah (Ribat) Cabang Sragen,  Arnan Muzzamil. (FOTO: Mukhtarul Hafidh/TIMES Indonesia)
Agen Biro Haji dan Umrah Rindu Baitullah (Ribat) Cabang Sragen, Arnan Muzzamil. (FOTO: Mukhtarul Hafidh/TIMES Indonesia)
FOKUS

Jemaah Haji 2020

TIMESINDONESIA, SRAGENBiro Haji dan Umrah di Kabupaten Sragen mengaku kelimpungan dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Namun biro tetap menerima keputusan Kementerian Agama (Kemenag RI) meniadakan kegiatan haji dan umrah. Keputusan ini mempertimbangkan keselamatan umat dan menghindari penyebaran Covid-19.

Biro haji dan umrah di Sragen bahkan sudah menghentikan kegiatan pemberangkatan umrah sejak April lalu.   

Agen Biro Haji dan Umrah Rindu Baitullah (Ribat) Cabang Sragen, Arnan Muzzamil menyatakan dukungan kepada pemerintah terkait kebijakan peniadaan pemberangkatan haji 2020. Karena kebijakan itu menyangkut dua negara, yakni Indonesia dan Arab Saudi.

”Tujuannya penyelamatan umat dengan adanya Covid-19 ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sampai saat ini sebenarnya sudah siap berangkat 150 orang untuk ibadah umrah. Namun dibatalkan dan gagal terbang ke Baitullah.

”Karena memang ada kebijakan dari Indonesia dan Arab Saudi, sehingga tertunda. Saya rasa semua jemaah menyadari,” tandasnya.

Demikian pula dengan program Haji Plus juga tidak memungkinkan untuk berangkat. Pada tahun sebelumnya ada dua jamaah dari Sragen, namun dari Eks Karisidenan Surakarta cukup banyak. Pada 2020 ini dipastikan tidak ada yang mendaftar Covid-19.

Karena kondisi ini otomatis permohonan visa haji berhenti setidaknya untuk setahun ini. Selain itu dari biro juga membatalkan sejumlah akomodasi gelaran haji dan umrah.

”Kami sudah cancel hotel di Arab Saudi untuk bulan Maret dan April,” ujarnya.

Arnan menambahkan untuk saat ini pihak biro dan karyawan terpaksa mengandalkan sektor lain untuk kebutuhan ekonomi. Tidak dipungkiri pihaknya merugi akibat terdampak Covid-19. ”Bisa kami pahami karena yang terdampak bukan kami saja. Semua di dunia juga terdampak,” ucap Agen Biro Haji dan Umrah Ribat Cabang Kabupaten Sragen ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES