Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Transisi New Normal, Gubernur Khofifah: Jangan Sampai Ada Second Waves! 

Kamis, 04 Juni 2020 - 10:53 | 38.23k
Gubernur Khofifah saat mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan jelang transisi menuju new normal saat berkunjung di Pasar Manyar, Gresik, Kamis (4/6/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Gubernur Khofifah saat mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan jelang transisi menuju new normal saat berkunjung di Pasar Manyar, Gresik, Kamis (4/6/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin jelang masa transisi menuju new normal

Menurut gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut, proses transisi saat ini sudah dilakukan oleh Malang Raya pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Gubernur-jatim-Khofifah-2.jpg

Karena telah memenuhi syarat proses penurunan angka yang terkonfirmasi positif sudah semakin signifikan. Selain itu fasilitas kesehatan sudah tersedia dan dipastikan bisa memberikan layanan bagi pasien Covid-19. 

"Maka sebetulnya proses untuk mengambil keputusan adalah masa transisi pasca PSBB. Menurut pedoman WHO ada enam item," ungkap Gubernur Khofifah saat meninjau Pasar Manyar Gresik, Kamis (4/6/2020). 

Enam item antara lain penyebaran Covid-19 bisa terkontrol, layanan kesehatan terpenuhi baik rapid test, PCR maupun treatment, perlindungan bagi kelompok rentan dan partisipasi masyarakat. 

"Ada angka secara epidemiologi yang akan dijadikan alat pengontrol untuk mengambil keputusan transisi new normal," kata Khofifah. 

Tidak hanya itu saja. Gubernur Khofifah juga berharap Kampung Tangguh mampu mengawal masyarakat dalam masa transisi ini. 

Gubernur-jatim-Khofifah-3.jpg

"Nah, pengawalan kedisiplinan tetap menjadi bagian sangat penting supaya tidak ada second waves yang sedang terjadi di beberapa negara," imbaunya.

Salah satu yang harus diantisipasi adalah pusat kerumunan seperti pasar tradisional. 

Oleh sebab itu Gubernur Khofifah meninjau format Pasar Manyar Gresik di mana para pedagang dilengkapi alat perlindungan diri mulai masker hingga face shield. Pembeli juga harus mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES