Peristiwa Daerah

Ini Alasan Mendesak Pemindahan Kantor Kelurahan Bontang Lestari dan SDN 004

Kamis, 04 Juni 2020 - 06:33 | 45.17k
Kantor Kelurahan Bontang Lestari. (FOTO: wikipedia id)
Kantor Kelurahan Bontang Lestari. (FOTO: wikipedia id)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Pemuda Bontang Lestari, Bontang, Kalimantan Timur soroti Kantor Kelurahan dan SDN 004, yang saat ini dirasa tidak relevan lagi untuk dijadikan sektor pelayanan utama. Selain letaknya yang berdampingan, lokasinya rawan terjadi kecelakaan.

Hery Keswanto menjelaskan, Kantor Kelurahan Bontang Lestari berdampingan dengan SDN 004 yang terletak di Jalan Ir Soekarno-Hatta berada di tikungan tajam tanjakan dan turunan sehingga rawan terjadi kecelakaan. Selain itu, kondisi lahan parkir juga terbilang kecil.

“Kendaraan yang melintas jarang dengan kecepatan rendah. Apalagi letak kantor kelurahan berdampingan dengan SDN 004, banyak anak-anak yang berjalan kaki tanpa pengawasan orang tua sehingga potensi terjadinya kecelakaan sangat tinggi,” ucap Hery pemuda Bontang Lestari saat dihubungi Bontang TIMES, Rabu (3/6/2020).

Hery menambahkan, sudah bertahun-tahun adanya wacana pemindahan atau pergesaran Kantor lurah Bontang Lestari dan SDN 004 Bontang Selatan. Tapi, sampai hari ini belum adanya kejelasan dari Pemerintah Kota Bontang.

“Kami ketahui bersama bahwa Bontang Lestari sudah menjadi wilayah Industri. kendaraan yang melintas siang malam bukan hanya roda dua dan roda empat saja. Ditambah lagi Kantor pemerintahan juga letaknya di Bontang Lestari, itu mempengaruhi lalulintas menjadi semakin padat,” tambahnya.

Hery merasa pemindahan Kantor Kelurahan sangat diperlukan. Demi keselamatan masyakat dalam melakukan aktivitas ke kelurahan. Ia pun berharap segera adanya solusi terbaik  yang di berikan Pemerintah dan DPRD.

“Yang jelas wilayah tersebut sudah sering terjadi kecelakaan jangan sampai sudah memakan Korban baru mengambil tindakan, apalagi saat ini Bontang lestari sangat bisa untuk dapat di tata dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Bontang Lestari Ika Umi Usman juga membenarkan hal tersebut. wacana pemindahan kantor lurah dan SDN 004 itu sudah diwacanakan sejak dulu. Akan tetapi belum ada info lebih lanjut dari Pemkot Bontang

“Wacananya sudah lama, sebelum saya menjabat. Dan sudah saya ajukan kembali di tahun 2017, sewaktu saya menjabat. Gambarnya juga sudah jadi, rencana akan dibangun dua lantai. Tapi sampai hari ini belum ada info lebih lanjut dari Pemerintah Kota,” ujar Usman saat dihubungi TIMES Bontang.

Usman menambahkan, pihaknnya sudah melakuka survei lokasi. Nantinya, untuk kantor lurah akan dipindah ke sebelah TK negeri yang ada di Bontang Lestari. Dan untuk SDN 004 akan dipindah disekitar kantor pemerintahan.

“Kami sudah survey lokasi. Sudah kami ajukan. Untuk SDN 004 sudah diajukan lokasi seluas 2 hektar. Tinggal tunggu infonya,” ujarnya.

Usman mengatakan, pemindahan kantor lurah dan SDN 004 tersebut sangat diperlukan untuk penunjang pelayanan masyarakat. Serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Letak  kantor yang berdampingan dengan SDN 004 memang rawan kecelakaan, tahun 2019 kemarin terjadi tiga kecelakaan. Korbannya luka parah. Jangan sampai memakan korban lagi,” tambah Usman.

Saat ini, sebagai daerah berkembang di Kota Bontang selain sebagai pusat pemerintahan kelurahan Bontang Lestari menjadi sentra industri baru, saat ini telah berdiri pabrik CPO dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), sehingga alur lalu lintas di wilayah tersebut tak pelak menjadi ramai melintasi pemukiman masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES