Kesehatan

Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Kamis, 04 Juni 2020 - 05:30 | 181.48k
ILUSTRASI - Lakukan pemanasan sebelum olahraga (FOTO: healthandstyle)
ILUSTRASI - Lakukan pemanasan sebelum olahraga (FOTO: healthandstyle)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPemanasan sebelum olahraga merupakan hal yang penting. Pemanasan sendiri merupakan sebuah aktivitas kecil yang dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan dengan tujuan agar otot tidak kram saat berolahraga. Selain mengurangi risiko kram, pemanasan sebelum olahraga juga memiliki manfaat lain. Apa saja manfaat pemanasan sebelum olahraga? Yuk, simak ulasannya berikut.

1. Meningkatkan Kelenturan
Pemanasan sangat penting untuk menjaga kelenturan tubuh. Ada beberapa kasus, tubuh yang kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi. Maka dari itu, dengan pemanasan, otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

2. Melancarkan Pernapasan
Gerakan pemanasan erat kaitannya dengan pola pernapasan. Sebab, biasanya seseorang yang tak terbiasa olahraga akan mengalami sesak ketika langsung diforsir tenaganya. Untuk itu, lakukan pemanasan yang baik agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat melakukan olahraga inti.

3. Mengurangi Stres
Pemanasan sebelum olahraga tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental. Dengan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya akan meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Sehingga, rasa stres dan depresi akan hilang karena efek rileksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar.

Itulah manfaat pemanasan sebelum olahraga yang perlu Anda ketahui. Tak hanya bermanfaat secara fisik seperti mengurangi risiko kram, ternyata pemanasan sebelum olahraga juga bermanfaat mengurangi stres. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES