Gaya Hidup

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Memicu Timbulnya Jerawat

Kamis, 04 Juni 2020 - 01:09 | 61.51k
ILUSTRASI - Jerawat muncul di kulit wajah. (FOTO: Wang Tom, Peter Lamb, Designua, Zubada on 123rf)
ILUSTRASI - Jerawat muncul di kulit wajah. (FOTO: Wang Tom, Peter Lamb, Designua, Zubada on 123rf)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJerawat menjadi salah satu masalah kullit wajah yang sering dialami baik di usia remaja atau dewasa. Banyak hal yang bisa menyebabkan jerawat muncul di kulit wajah Anda. Bahkan, kebiasaan sehari-hari pun juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya jerawat di kulit orang dewasa, yang seringkali tidak disadari.

1. Smoothie
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brazil's Federal University of Paraíba, mengonsumsi suplemen protein yang mengandung whey dapat meningkatkan tumbuhnya jerawat, karena jenis protein ini mengandung susu. Beralihlah kepada nabati untuk tetap mendapatkan asupan protein yang dibutuhkan.

2. Pekerjaan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Wake Forest University's School of Medicine, stres secara emosional dapat memperburuk atau bahkan menimbulkan jerawat. Stres ini bisa diakbibatkan karena tekanan pekerjaan. Hilangkan jerawat dengan beberapa metode, seperti yoga dan meditasi.

3. Diet
Studi yang pernah dilakukan oleh Italy's Centro Studi GISED menemukan bahwa makan lebih banyak ikan dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit orang dewasa. Hal ini berhubungan dengan minyak ikan yang dapat mengurangi peradangan.

4. Gula
Sebuah penelitian di Italia yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara jerawat dan diet glisemik atau gula buatan. Artinya terlalu banyak konsumsi gula dapat memicu timbulnya jerawat.

5. Berat badan
Selain konsumsi gula yang berlebihan, para peneliti juga menemukan bahwa wanita dengan tubuh gemuk memiliki lebih banyak jerawat. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

6. Merokok
Sebuah studi dari Rome's San Gallicano Dermatological Institute menemukan korelasi antara merokok dan tumbuhnya jerawat pada kulit orang dewasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES