Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Update, Enam Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Pulau Morotai

Rabu, 03 Juni 2020 - 17:04 | 44.45k
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai, dr Tony Sambas. (Foto: Husain/TIMES Indonesia)
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai, dr Tony Sambas. (Foto: Husain/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara melalui Juru bicaranya dr Alwia Assagaf mengatakan ada penambahan enam  kasus positif Covid-19 saat merilis data sebaran Covid-19 di Maluku Utara, Selasa (2/5/2020).

Berdasarkan hasil swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan BTKL-PP Manado, menetapkan 6 orang dari Pulau Morotai positif terpapar Covid-19.

Diantaranya adalah kode pasien 162 berinisial Ny. RS (28) berasal dari Desa Pandanga, Morotai Selatan. Pasien 163 berinisial Ny. AS (23) berdomisili di Desa Juanga, Morotai Selatan. Pasien 164 berinisial Ny. RM (21) berasal dari Desa Sambiki Tua, Morotai Timur.

Data-Penanganan-Covid-Morotai.jpg

Kemudian, Pasien 165 berinisial Tn. PW (30) asal Desa Wayabula, Morotai Selatan Barat. Pasien 166 berinisial SA (8 tahun), jenis kelamin perempuan, berasal dari Desa Pandanga dan pasien 167 yang berinisial Tn. AB (26) berasal dari Desa Gorua, Morotai Utara.

Untuk memastikan akurasi informasi data positif Covid-19 yang disampaikan Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, dr Alwia Assagaf, TIMES Indonesia mengkonfirmasi Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotai dr Tony Sambas, melalui telepon seluler pada Rabu (3/6/2020) sore.

Ia mengakui data yang disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, terkait penambahan jumlah positif Covid-19 di Pulau Morotai dengan inisial dan alamat Desa masing masing adalah benar.

"Iya benar, data yang disampaikan Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara dr Alwia Assagaf, benar adanya dan sesuai dengan data yang Satgas Covid-19 Pulau Morotai kantongi," ungkapnya.

Hanya, tegas dr Tony, seluruh pasien positif Covid-19 di Pulau Morotai adalah pelaku perjalanan yang dijaring melalui karantina sehat dan belum sempat berbaur dengan masyarakat di Desa mereka masing masing. Sehingga, kondisi saat ini tidak membahayakan karena belum terjadi transmisi lokal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES