Peristiwa Daerah

Kapal Nelayan Penangkap Ikan Jenis Purse Seine Tenggelam di Teluk Tolo

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:16 | 91.09k
ABK Kapal Inkamini saat diselamatkan oleh KM Inkamina 478 di sekitar perairan Teluk Tolo. (Foto: Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulteng for Times Indonesia)
ABK Kapal Inkamini saat diselamatkan oleh KM Inkamina 478 di sekitar perairan Teluk Tolo. (Foto: Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulteng for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALUKapal nelayan penangkap ikan jenis Purse Seine yang dinahkodai Iwan Kasim, tenggelam di perairan Teluk Tolo, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sekitar pukul 10.00 Wita, Selasa, 2 Juni 2020. 

Beruntung semua ABK KM. Inkamini 01 ditemukan dalam keadaan selamat oleh KM Inkamina 478 di sekitar perairan Teluk Tolo pada koordinat  S 02 32 41 9 E 121 58 38 7 sekitar 22 Mil dari pelabuhan Bungku.

Namun, sayangnya, badan Kapal KM. Inkamini 01 tidak bisa diselamatkan, sudah tenggelam ke dasar laut. 

"Ia benar, kapal nelayan penangkap ikan jenis Purse Seine mengalami laka laut (tenggelam) di sekitar wilayah perairan Teluk Tolo," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng Moh. Arif Latjuba, Rabu, (3/6/2020). 

Informasi itu diketahui setelah mendapat laporan dari warga setempat. PSDKP Morowali kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dengan berkoordinasi dengan Basarnas Morowali, POS Poairud Kurisa dan Posmat TNI AL Morowali. 

"Tim bergerak dari pelabuhan Bungku mencari kapal yang tenggelam tersebut dengan menggunakan kapal nelayan Mitra Usaha Bersama 01 sekitar pukul ada pukul 14.00 WITA," terangnya.  

Tim yang turut serta dalam pencarian di antaranya Pos Polairud Morowali (4 orang), Posmat TNI AL Morowali (3 orang), Basarnas Morowali (3 orang), PSDKP Morowali (1 orang), ABK KM. Mitra Usaha Bersama 01 (6 orang).

Pada pukul 19.50 WITA para korban tiba dipelabuhan Bungku, Kabupaten Morowali. "Saat ini para korban telah diserahkan kembali ke pihak keluarga dan pemilik kapal Km. Inkamini 01 di Bungku, Kabupaten Morowali," ungkapnya. 

Arif mengatakan, penyebab kapal nelayan tersebut tenggelam diduga karena cuaca buruk yang terjadi saat ini di wilayah perairan Teluk Tolo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Palu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES