Ekonomi

Swasembada Telur, Dispertan Pulau Morotai Datangkan 4000 Bibit Ayam Petelur

Rabu, 03 Juni 2020 - 15:52 | 47.78k
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, Anuwar Husen. (Foto: Husain/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, Anuwar Husen. (Foto: Husain/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menargetkan pada tahun 2022 akan swasembada telur. Saat ini, melalui Dinas Pertanian melakukan pengadaan bibit ayam petelur sebanyak 4000 ekor dalam dua tahap melalui APBD sebesar Rp 200 juta lebih yang diperuntukkan bagi dua kelompok peternak ayam di Desa Morodadi Kecamatan Morotai Selatan.

Perlu diketahui Pulau Morotai saat ini mendatangkan telur ayam ras dari Kota Manado Sulawesi Utara, membuat harga telur dipasar Gotalamo Morotai per-rak harganya mencapai Rp 75.000 bila memasuki lebaran idul Fitri, Natal dan tahun baru.

"Dengan harapan dapat menekan harga telur yang tinggi di pasaran dan mengurangi jumlah telur yang didatangkan dari luar Morotai oleh pedagang telur di pasar Morotai. Bahkan, targetnya pada tahun 2022 Morotai tidak lagi menyuplai dari luar karena produk sendiri melimpah," terang Kadispertan, Anuwar Husen, saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, Rabu (3/6/2020) siang.

Ia jelaskan, saat ini dalam pengembangan kesiapan fasilitas kelompok peternak yang menerima bantuan. Mulai dari kandangnya, pakannya dan cara perawatannya. Sehingga pengelolaannya tidak stagnan kayak sebelumnya karena kendala pakan ternak.

"Melalui APBD II tahun ini Dinas Pertanian melakukan pengadaan bibit ayam petelur sebanyak 4000 ekor. Tetapi dibagi dalam dua tahap. Dimana tahap pertama pada bulan Juni ini sebanyak 2000 ekor dan tahap berikutnya disesuaikan. Seluruhnya buat dua kelompok peternak ayam petelur di Desa Morodadi," ungkapnya.

Namun, dia mengakui jumlah tersebut masih kurang, tetapi dirinya tetap optimistis menyukseskan program ini secara bertahap sesuai target yang diberikan Bupati.

Kata Arol sapaannya, belajar dari pengalaman sebelumnya, agar tidak lagi terjadi kekurangan pakan, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan ayam maupun hasil telur ayam membuat peternak gagal panen dan berkembang.

Untuk itu, saat ini dalam memenuhi kebutuhan pakan Dinas Pertanian sementara menggalakkan tanam jagung melalui petani di 5 kecamatan, agar penyediaan pakan buat pertumbuhan ayam selalu siap. Sementara pakan buat ayam bertelur akan didatangkan dari luar melalui perhubungan yang ada, salah satunya tol laut.

Arol meyakini, bila program ini sukses dijalankan, maka dapat menekan harga telur di pasaran dan dapat menekan jumlah telur yang datang dari luar Morotai karena kualitas telurnya diyakini bagus. Bahkan, menurutnya dalam 2000 ayam sekali panen dapat mencapai 1800 telur bila dirawat secara maksimal.

Kadispertan juga mengingatkan kepada kelompok peternak penerima bantuan, bahwa pemerintah beri bantuan hanya perangsang. Oleh karena itu, dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga tidak gagal, agar bantuan berikut dapat diberikan ke kelompok peternak yang lain sehingga ada penyebaran. Jangan tiap tahun hanya kelompok yang sama terima bantuan tapi tidak pernah berkembang.

"Saya berharap bantuan ini dikelola secara baik dan benar agar tidak sia sia. Sehingga bantuan berikut diberikan kepada kelompok peternak di Desa atau Kecamatan lain, bila ini berjalan baik maka terjadi pemerataan produksi, maka apa yang menjadi tujuan yakni swasembada telur pada tahun 2022 dapat terwujud," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES