Peristiwa Daerah

Maskapai Sriwijaya Air Belum Layani Penerbangan Ternate-Ambon

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:00 | 110.17k
Pesawat Sriwijaya Air (Foto: Tempo)
Pesawat Sriwijaya Air (Foto: Tempo)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air memutuskan belum melayani penerbangan dari Ternate menuju Ambon. Hal itu, buntut dari banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi calon penumpang di tengah pandemi Covid-19.

"Pendemi Covid-19 demand nya belum terlalu tinggi karena ada aturan yang diterapkan (50% seat). Sehingga belum layani rute Ternate-Ambon, terhitung dari tanggal 1-30 Juni," kata Dictri Sriwijaya Air Ternate, Fajar Kirana kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Fajar mengatakan biaya yang harus dikeluarkan oleh calon penumpang untuk pengurusan dokumen perjalanan juga tidak murah maka berpengaruh pada tingkat isian.

"Untuk dokumen persyaratan penerbangan mengacu kepada SE NO 5 Tahun 2020 team Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid 19, jadi calon penumpang yang tidak mau batal berangkat akibat dari dokumen yang tidak lengkap maka perlu memperhatikan," jelasnya.

Syarat dokumen ini, lanjut dia, seperti KTP atau Identitas diri lain yang sah, surat Dinas dari Instansi untuk ASN, TNI/POLRI, pegawai BUMN dan BUMD, surat sehat dan negatif Covid 19, surat Hlhasil negatif swab, test/PCR dengan masa berlaku 7 hari, surat hasil negatif rapid, test dengan masa berlaku 3 hari, surat keterangan kelurahan untuk wiraswasta (ttd dan stempel lurah) dan surat rekomendasi team gugus tugas provinsi. 

"Sedangkan untuk calon penumpang dengan  tujuan akhir Jakarta, harus membawa surat swab test/PCR dan surat izin keluar masuk (SIKM)," ujarnya.

Dikatakan, calon penumpang juga diminta harus perhatikan daerah tujuan akhirnya karena saat ini aturan dokumen yang dibutuhkan untuk keluar masuk satu daerah, di masing-masing daerah berbeda. 

Untuk jadwal penerbangan Sriwijaya Air periode tanggal 1-30 Juni 2020 yaitu Makasar-Ternate,  SJ 598 UPG TTE Jam 09.35 WITA - 12.35 WIT, SJ 599 TTE UPG jam 13.20 WIT - 14.15 WITA setiap Rabu & Jumat. Jadwal Surabaya-Ternate (VV), SJ 554 SUB - TTE jam 06.30 WIB - 11.25 WIT, SJ 555 TTE SUB jam 12.10 WIT - 11.55 WIB setiap Senin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES