Peristiwa Daerah

Anjangsana Kodim 0703 Cilacap untuk Jalin Mitra Karib TNI dan Rakyat

Rabu, 03 Juni 2020 - 11:56 | 50.77k
Anjangsana yang dilakukan Babinsa jajaran Kodim selalu disambut dengan baik. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)
Anjangsana yang dilakukan Babinsa jajaran Kodim selalu disambut dengan baik. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Anjangsana atau silaturahmi atau komunikasi sosial (komsos), yang tujuannya mempererat hubungan dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan, menjadi tugas pokok Babinsa Koramil jajaran Kodim 0703 Cilacap.

Untuk itulah para personel terus bersinergi melaksanakan anjangsana dalam setiap kesempatan. Seperti dilakukan Babinsa Koramil 10 Gandrungmangu, Selasa (2/6/2020).

Maksud dan tujuan giat ini, selain mempererat silaturahmi, juga pembinaan teritorial yang merupakan fungsi utama aparat kewilayahan guna mencapai keberhasilan tugas pokok TNI AD.

Babinsa-jajaran-Kodim-b.jpg

Dengan kegiatan tersebut diharapkan timbul rasa kepercayaan, kekompakan, dan kebersamaan, saling tukar pendapat tentang situasi dan kemungkinan dan hal yang menonjol di wilayah desa masing-masing.

"Kita juga mengajak perangkat desa untuk aktif dan tetap semangat  menyampaikan imbauan kepada warganya untuk selalu hidup bersih dan mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan persebaran Covid-19," terang Pelda Kharis ketika berada di Desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmangu.

Selanjutnya diterangkan, kegiatan ini merupakan progam pembinaan terhadap jaring Ter atau mitra karib para Babinsa, Danramil, maupun Dandim.

"Karena ada keterkaitan dengan fungsi tugas untuk memberikan informasi secara cepat dan tepat. Sebuh metode baru selain mengundang mitra karib dan dilakukan sosialisasi ataupun pembinaan, yaitu anjangsana atau kunjungan seperti yang kita lakukan saat ini," imbuhnya.

Sasaran anjangsana atau komsos di antaranya Pj Kepala Desa Sidaurip Bambang Suprayitno SIP, Kepala Desa Kertajaya Warno, dan Kepala Desa Gintungreja Suyatno.

Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya oleh Babinsa Koramil Gandrungmangu, namun oleh seluruh Babinsa Koramil jajaran Kodim 0703 Cilacap.

Babinsa-jajaran-Kodim-c.jpg

Sementara, Warno selaku Kepala Desa Kertajaya menyambut baik apa yang dilakukan oleh Babinsa. Ia berharap, ke depan bisa dimaksimalkan agar informasi yang diberikan selain cepat dan tepat sasaran, juga tidak ada berita-berita yang tidak diketahui kebenarannya.

"Saya sangat mengapresiasi peran Babinsa yang selalu datang saat rakyat membutuhkan. Berbagai kegiatan di desa, mereka selalu ada," paparnya.

Namun demikian, ia merasa sebaliknya TNI di Kodim 0703 Cilacap juga butuh bantuan. Informasi yang cepat itu bukan dari TNI tapi rakyatlah yang datang ke TNI untuk memberikan laporan terbaiknya. "Harapannya, dengan silaturahmi mudah-mudahan lebih meningkat lagi," ungkap Kades Kertajaya Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES