Gaya Hidup

New Normal, Yuk Biasakan Bawa Kotak Makan Sendiri

Rabu, 03 Juni 2020 - 10:16 | 180.42k
kotak makan
kotak makan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa pandemi coronavirus belum usai, meski begitu new normal mulai digaungkan. Salah satu kebiasaan sehat yang patut dilakukan saat new normal adalah membawa kotak makan sendiri.

Kebiasaan ini tak hanya untuk membawa bekal dari rumah, tapi juga dapat digunakan jika Anda ingin jajan di luar.

Namun jangan asal memilih kotak makan, salah-salah akan menyusahkan Anda sendiri. Nah seperti apa kotak makan yang baik?

Pilih Kotak Makan dengan Plastik Berkualitas

Kualitas plastik menentukan kualitas kotak makan. Pastikan kotak makan Anda bebas dari BPA (bisphenol-A). Biasanya bahan kimia ini yang ditambahkan pada berbagai produk, salah satunya plastik.

Apabila makanan terkontaminasi BPA dalam jumlah banyak dan sudah dikonsumsi Anda, sel kanker akan terpicu untuk tumbuh dalam tubuh.

Perhatikan Sertifikat Food Grade

Kotak makanan yang dipilih juga harus memiliki sertifikat food grade. Pada umumnya, ada kode yang terletak di bawah kotak makanan yang menandakan tingkat keamanan material dasarnya. Sebagai contoh, kode 3 dan 7 menandakan adanya BPA dan phthalete dalam material kotak makanan.

Penutup Kedap Udara

Tutup kotak makan yang kedap udara tentunya lebih aman ya, karena tidak mdah bocor. Selain itu dengan tutup kedap udara makanan akan lebih awet atau tidak mudah basi.

Kotak Makan Kaca dan Stainless Steel Lebih Baik

Kotak makan berbahan plastik banyak disukai. Sayangnya kotak makan plastik kerap meninggalkan bau tak sedap meski sudah dicuci. Nah TIMES Indonesia merekomendasikan kotak makan berbahan kaca. Sebab kaca lebih mudah dibersihkan dan tak meninggalkan bau. Selain itu bahan stainless steel juga aman dari bau.

Kotak Makanan Bersekat

kotak makan seperti ini bermanfaat untuk menyimpan beberapa jenis makanan dalan satu wadah. Misalnya memisahkan antara nasi dengan lauk juga sayur.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES